Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Fitur "Suara" untuk Xbox 360, Mampukah Melawan Siri?

Kompas.com - 05/12/2011, 18:57 WIB

KOMPAS.com - Microsoft menyatakan akan meluncurkan fitur-fitur terbaru konsol game XBox 360 yang sudah dilengkapi fitur pencarian menggunakan suara. Fitur ini siap hadir pekan ini, awal Desember 2011.

Meski sudah diumumkan sebelum Apple mengumumkan Siri untuk iPhone 4S, mau tidak mau keduanya akan tetap dibanding-bandingkan. Nah, bagaimana fitur ini jika dibandingkan Siri?

Kegunaan fitur ini bisa dilihat dari skenario penggunaannya. Berikut adalah skenarionya, seperti dipaparkan PC Mag:

  • Pertama, pengguna bisa memanggil Xbox untuk melakukan pencarian. Misalnya, dengan kalimat: "Xbox Bing X-Men"
  • Setelah mendengar perintah itu, Xbox akan menampilkan hasil pencarian dengan kata kunci "X-Men" pada media yang ada di konsol, termasuk semua game dan film.
  • Pengguna kemudian bisa mengucap "X-Box Play X-Men" dan si konsol akan memutar film X-Men yang ada di konsol.

"Inilah visi kami akan masa depan televisi. Mudah digunakan dan ramah. TV akan jadi makin menakjubkan jika Anda yang jadi pengendalinya," kata Marc Whitten, VP Xbox Live di Microsoft, saat mengumumkan teknologi ini pada Juni 2011.

Tentunya, jika sekarang dibandingkan dengan Siri, teknologi ini terasa usang. Siri, yang teknologinya didapatkan Apple melalui akuisisi, mampu mengenali kalimat percakapan dalam Bahasa Inggris. Jadi, tak perlu menghapal perintah spesifik.

Fitur pencarian suara ini tersedia hanya bagi mereka yang memasang Kinect pada Xbox 360. Untuk yang tidak, Bing tetap bisa diakses melalui teks biasa.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com