Fitur "Suara" untuk Xbox 360, Mampukah Melawan Siri?

Kompas.com - 05/12/2011, 18:57 WIB
EditorReza Wahyudi

KOMPAS.com - Microsoft menyatakan akan meluncurkan fitur-fitur terbaru konsol game XBox 360 yang sudah dilengkapi fitur pencarian menggunakan suara. Fitur ini siap hadir pekan ini, awal Desember 2011.

Meski sudah diumumkan sebelum Apple mengumumkan Siri untuk iPhone 4S, mau tidak mau keduanya akan tetap dibanding-bandingkan. Nah, bagaimana fitur ini jika dibandingkan Siri?

Kegunaan fitur ini bisa dilihat dari skenario penggunaannya. Berikut adalah skenarionya, seperti dipaparkan PC Mag:

  • Pertama, pengguna bisa memanggil Xbox untuk melakukan pencarian. Misalnya, dengan kalimat: "Xbox Bing X-Men"
  • Setelah mendengar perintah itu, Xbox akan menampilkan hasil pencarian dengan kata kunci "X-Men" pada media yang ada di konsol, termasuk semua game dan film.
  • Pengguna kemudian bisa mengucap "X-Box Play X-Men" dan si konsol akan memutar film X-Men yang ada di konsol.

"Inilah visi kami akan masa depan televisi. Mudah digunakan dan ramah. TV akan jadi makin menakjubkan jika Anda yang jadi pengendalinya," kata Marc Whitten, VP Xbox Live di Microsoft, saat mengumumkan teknologi ini pada Juni 2011.

Tentunya, jika sekarang dibandingkan dengan Siri, teknologi ini terasa usang. Siri, yang teknologinya didapatkan Apple melalui akuisisi, mampu mengenali kalimat percakapan dalam Bahasa Inggris. Jadi, tak perlu menghapal perintah spesifik.

Fitur pencarian suara ini tersedia hanya bagi mereka yang memasang Kinect pada Xbox 360. Untuk yang tidak, Bing tetap bisa diakses melalui teks biasa.



Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X