Intrenet Mobile

"Wuzz"! Kencangnya Mobil Pintar LTE

Kompas.com - 06/12/2011, 06:28 WIB
EditorMarcus Suprihadi

KOMPAS.com — Di samping peresmian laboratorium penelitan dan pengembangan milik Telkomsel di kompleks Telkom Risti Gegerkalong, Kota Bandung, Jawa Barat, kemarin, terdapat juga mobil pintar LTE atau Long Term Evolution milik ZTE. Di dalam mobil itu, kita bisa merasakan performa berselancar internet mobile menggunakan generasi terkini dari teknologi koneksi nirkabel.

Mobil berwarna putih itu memang sengaja didatangkan untuk menunjukkan kepada tamu mengenai layanan LTE bagi orang yang sedang bergerak. Orang yang menjajal pertama kali adalah Direktur Utama Telkomsel Sarwoto Atmosutarno, serta Kepala Badan Pengembangan dan Penerapan Teknologi Marzan Azis Iskandar.

Dari kesan pertama sewaktu mencoba,  terasa kencang sekali. Koneksinya bisa mencapai 5,5 megabit per detik. Sewaktu dicoba di ponsel Samsung Galaxy S II, membuka video Youtube melalui web browser terasa enteng. Salah satu video yang diujicobakan langsung dimainkan tanpa jeda menanti buffering. Sama halnya sewaktu mencoba konten yang disediakan Telkom di salah satu laptopnya.

Kunci dari mobil pintar itu ternyata bukanlah pemasangan antena khusus. Mobil itu ternyata hanya mobil biasa, tetapi di dalamnya terdapat laptop yang dicoloki USB Dongle yang bisa menerima sinyal LTE kemudian dibagi ke perangkat di sekitarnya melalui Wi-Fi. Mobil pun hanya bisa berputar mengelilingi kompleks Telkom mengingat hanya ada satu menara LTE yang dipasang di sana.

"Bila ada beberapa menara LTE yang dipasang sekaligus, pengguna bisa menikmati kecepatan koneksi yang jauh lebih baik," kata Director Technical and Commercial Department PT ZTE Indonesia Tang Jinyong.

Dia mengungkapkan, uji coba LTE secara mobile hari itu adalah pertama kalinya digelar di Indonesia sebagai persiapan negara ini untuk mengadopsi teknologi terbaru. Hanya, kendala utama dari aplikasi LTE di Indonesia adalah perundangan dari pemerintah.

 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.