Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tablet Amazon Salip Penjualan Galaxy Tab

Kompas.com - 06/12/2011, 08:09 WIB

KOMPAS.com - Penjualan tablet Kindle Fire besutan Amazon mampu melampaui penjualan tablet Samsung Galaxy Tab. Bahkan, Kindle Fire berpontensi untuk mendekati penjualan Apple iPad.

Berdasarkan data dari lembaga riset IHS iSuppli Desember 2011 yang dikutip Kompas.com dari BGR, jumlah penjualan Kindle Fire hingga akhir tahun ini diperkirakan mencapai 3,9 juta unit. Jumlah tersebut melampaui penjualan Samsung Galaxy Tab yang diprediksi hanya akan laku 1,37 juta unit.

Tablet besutan Amazon yang baru diluncurkan dua minggu lalu ini otomatis mampu mengerek pangsa pasarnya sebesar 13,8 persen dan memaksa turun pangsa pasar Samsung dari 7,8 persen menjadi 4,8 persen.

Sedangkan iPad kembali tidak tergoyahkan dengan perkiraan mampu terjual hingga akhir tahun sebesar 18,598 juta unit, naik dari 11,123 juta unit di kuartal tiga 2011.Namun, Apple harus merelakan pangsa pasarnya sedikit tergerus akibat masuknya tablet Amazon, dari 69,7 persen menjadi 65,6 persen.

"Setelah dua tahun kemunculan iPad, baru saat ini ada pesaing yang mengembangkan tablet sebagai alternatif iPad. Tablet tersebut mampu sukses mengintip rahasia iPad," ungkap Senior Manager Riset Tablet dan Monitor IHS Rhoda Alexander.

Amazon dinilai berhasil meracik produk dengan harga yang menarik, cara pemasaran yang cerdik, konten yang beragam dan mampu memberikan nilai tawar yang lebih bagi calon pengguna tablet.

Berikutnya, tablet Galaxy Tab disusul tablet Nook besutan Barnes & Noble yang diperkirakan mampu terjual 1,32 juta unit, naik dari pencapaian di kuartal tiga 2011 sebesar 750.000 unit. Di belakangnya, tablet HTC diperkirakan akan mampu terjual 355.000 unit, naik dari kuartal tiga 2011 sebesar 253.000 unit. Hingga akhir tahun ini, total penjualan tablet dari lima besar merk terkemuka ini mencapai 28,343 juta unit, naik 77,7 persen dari sebelumnya 15,958 juta unit.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com