Firefox Kesulitan di Arena Mobile

Kompas.com - 06/12/2011, 11:36 WIB
EditorWicaksono Surya Hidayat

KOMPAS.com - Sukses Mozilla Firefox sebagai browser PC tak diimbangi dengan sukses di arena mobile. Di PC, Mozilla Firefox mencapai hampir 25 persen pangsa pasar. Namun di mobile, angkanya tak mencapai 1 persen.

Data dari Net Application menyebutkan, Firefox untuk Android diunduh hanya sekitar 5,4 juta kali. Padahal, ada sekitar 200 juta perangkat Android yang aktif saat ini.

"Saat ini tak ada alasan yang menarik untuk menggunakan Mozilla di smartphone. Fitur antar browser (mobile) saat ini hampir tak ada bedanya," kata Vincent Vizzaccaro, Marketing Director Net Applications.

Gary Kovacs, CEO Mozilla, mengatakan Mozilla bisa kehilangan relevansinya bila tak bisa berperan lebih besar di mobile. Itulah mengapa saat ini tim mobile Mozilla telah ditambah menjadi 250 orang engineer, dari sebelumnya hanya 20.

Pihaknya berencana mengeluarkan browser baru untuk Android di awal 2012. Mereka juga sedang melobi pembuat perangkat smartphone agar menjadikan Firefox browser bawaan. Diharapkan pada Februari 2012 sudah ada kesepakatan yang bisa diumumkan.

Sudah cukupkah langkah-langkah itu untuk menjaga kelangsungan hidup Mozilla? Kita saksikan saja nanti.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.