Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kaskus Ingin "Para Juragan" Nyaman Bertransaksi

Kompas.com - 07/12/2011, 08:45 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com — Situs komunitas online terbesar di Indonesia, Kaskus, sejak 1 November lalu memberikan kepercayaan kepada Hukum Online (hukumonline.com) untuk menjadi kontributor di forum Melek Hukum.

Forum baru ini dibuat Kaskus agar "para juragan"–sebutan para pengguna Kaskus– lebih mengerti tentang hukum dan dapat mengantisipasi segala bentuk penipuan di forum jual beli Kaskus.

"Selama ini banyak korban penipuan belanja online yang tidak melaporkan si penjual yang curang kepada moderator ataupun kepada polisi. Mereka pasrah atas uang mereka yang hilang begitu saja," kata Andrew Darwis, Chief Technology Officer Kaskus, Selasa (6/12/2011).

Andrew menambahkan, sejauh ini jumlah penipuan di Kaskus terus berkurang. "Para pengguna Kaskus makin cerdas dalam ber-internet. Jika ada barang yang dijual dengan harga yang jauh lebih murah daripada harga pasaran, mereka lebih memilih untuk menggunakan metode cash on delivery (COD)," tutur Andrew.

Forum ini juga memberikan bekal tata cara berwirausaha online yang tidak melanggar hukum. Menurut Andika Gunadarma, Managing Director Hukum Online, masih banyak jual beli ilegal di Kaskus, seperti jual beli ijazah. Hal-hal semacam inilah yang hendak diminimalisasi melalui edukasi di forum Melek Hukum.

Bukan hanya hukum jual beli, forum ini juga menjadi tempat bagi pengguna Kaskus untuk berbagi informasi, berdiskusi, dan bertanya seputar hukum di Indonesia, sampai hukum internasional. Hukum Online akan menjawab pertanyaan pada hari Senin, Rabu, dan Jumat, setiap pukul 11.00 dan 12.00 WIB.

Selain forum Melek Hukum, Kaskus juga membuka forum baru bernama UKM (Usaha Kecil Menengah), dan mempercayakan Pillar Business Accelerator sebagai kontributor.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com