Group Djarum Makin Rajin Ekspansi Dunia "Online" - Kompas.com

Group Djarum Makin Rajin Ekspansi Dunia "Online"

Kompas.com - 07/12/2011, 11:03 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Pertumbuhan pengguna internet yang pesat mendorong perusahaan bisnis jual beli secara online (e-commerce) terus melakukan ekspansi. Perusahaan tersebut di antaranya Group Djarum yang melalui PT Global Digital Prima (GDP) menyediakan jasa di situs bernama Kaskus.com dan melalui PT Global Digital Niaga memperkuat situs Blibli.com miliknya.

Tahun depan, Kaskus.com berencana berekspansi dengan membeli server data base dan web. Server tersebut untuk menunjang kebutuhan penggunaan kapasitas jaringan internet. Selain itu, Kaskus.com juga melakukan pembenahan manajemen dengan membangun kantor baru.

Andrew Darwis, Chief Technology Officer Kaskus menuturkan, langkah ekspansi ini guna mengimbangi pertumbuhan bisnis online yang masih sangat pesat. Ia memprediksi bisnis ini tumbuh hingga 300 persen tiap tahun. "Kami melihat ada potensi bagus di sini," ungkap Andrew kepada KONTAN, Selasa (6/12/2011).

Ia menuturkan, pihaknya telah merogoh kocek yang dalam untuk investasi penambahan server untuk tahun 2012. Investasi untuk satu server saja diperkirakan mencapai sekitar 3.000 dollar AS sampai 10.000 dollar AS per unit. "Sekarang kami punya 200 server, tahun depan akan bertambah lagi," ungkapnya tanpa menyebut jumlahnya.

Selain itu, pihaknya juga telah keluar dana untuk perpindahan kantor baru dari Melawai Jakarta Selatan ke gedung Menara Palma Kuningan Jakarta. Kaskus menghabiskan biaya sebesar Rp 1 miliar untuk sewa tempat dan desain kantor baru tersebut.

Andrew optimistis, langkah-langkah tersebut bisa menunjang target pertumbuhan pengguna internet ke situs Kaskus.com hingga tiga kali lipat. Kaskus mengklaim, tahun ini total kunjungan ke situsnya mencapai 800 juta. Tahun 2012, Kaskus menargetkan jumlah kunjungannya mencapai 1 miliar setahun.

Kusumo Martanto, Presiden Direktur Blibli.com juga gencar ekspansi. Ia menuturkan sejak Juli 2011 telah mengeluarkan dana investasi hingga Rp 50 miliar. Investasi tersebut digunakan untuk pengembangan desain dan layanan situsnya. "Yaitu membuat kategori untuk barang atau produk baru," ungkapnya.

Jajaki situs baru

Adapun Blibli.com akan memperbanyak kategori untuk produk gadget. Saat ini Blibli.com masih mengandalkan transaksi penjualan dari produk elektronik dan fashion. "Kami prediksi jumlah produk yang dijual di situs kami naik 3-4 kali lipat tahun depan," ungkapnya.

Group Djarum melalui GDP juga tengah mengembangkan situs belanja online yang baru. GDP tengah menjajaki untuk membeli salah satu akun Koran Fesbuk dalam waktu dekat. "Group Djarum tertarik untuk mengembangkan situs baru," ungkap Danny Oei Wirianto, salah satu pemilik saham Kaskus.com.

Indra Bigwanto, pemilik Koran Fesbuk, menuturkan belum mau berkomentar banyak terkait itu. Pihaknya memang tengah ekspansi mengembangkan akun Koran Fesbuk. "Ada keinginan besar mengusung konsep citizen journalism di Koran Fesbuk," ungkapnya.

 


EditorErlangga Djumena

Close Ads X