Path, Jejaring Sosial untuk Teman Terdekat

Kompas.com - 07/12/2011, 14:22 WIB
EditorWicaksono Surya Hidayat

KOMPAS.com - Satu lagi situs jejaring sosial baru hadir dengan nama Path. Situs tersebut mengklaim berbeda dengan Facebook karena lebih tertutup dan lebih mengutamakan privasi penggunanya.

Mengutip CNet, Path akan menghubungkan keluarga atau hanya teman terdekat saja, maksimal hanya 150 hubungan. Tidak seperti Facebook yang lebih terbuka dan bisa menambah siapapun teman yang disukainya. Tapi, Path juga bukan seperti Twitter yang lebih sederhana.

Berjalan pada sistem operasi Android dan iOS Apple, Path menjanjikan tampilan antarmuka yang lebih menyenangkan. Setiap fitur berbagi, baik untuk berbagi video, musik, foto atau info kegiatan hanya dari satu tombol.

Path juga menjanjikan fitur lebih baik dari situs jejaring Foursquare. Di sini, pengguna bisa berbagi pikiran hingga update lokasi dari tempat-tempat yang biasa dikunjungi. Fitur yang bernama "Automatic" ini bisa memberitahu lokasi teman atau saudara kita berada, bahkan saat saudara atau teman sedang menyetir mobil.

Uniknya lagi, Path juga bisa dijadikan "alarm" saat tidur. Saat bangun, Path bisa mengucapkan kata-kata seperti "Perlu kopi" atau kata-kata yang bisa diatur sebelumnya, seperti "Siapkah Anda mengguncang dunia hari ini?"

CEO Path, Dave Morin menjelaskan pihaknya sedang mengembangkan fitur update lokasi maupun update kegiatan secara lebih cepat.

Morin mengatakan, Path akan melakukan perbaikan agar Path bisa lebih pintar. Ia ingin meniru Siri, namun bukan pada fitur "suara". Morin menganggap Siri revolusioner karena terlihat cerdas dan memiliki kepribadian. "Artificial Intelligence adalah User Interface!" ujarnya.

Menariknya lagi, Path juga bisa dikoneksikan dengan Facebook, Twitter ataupun Foursquare. Menyusul kemudian Tumblr, tapi belum ada koneksi dengan Google+. Path ini adalah aplikasi gratis, namun ada juga beberapa konten berbayar di dalamnya, seperti untuk membeli file musik, foto, atau video.

Hingga saat ini, jumlah pengguna Path sekitar 1 juta orang. "Jumlah tersebut lebih baik dari Foursquare, Quora atau Pintrest selama setahun pertama," jelasnya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.