Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Membuat Game Mobile: Modul 2 untuk Programmer

Kompas.com - 09/12/2011, 07:51 WIB

Untuk membangun sebuah game dalam sebuah tim akan terdiri dari dua bagian, programmer dan artist. Programmer bertugas menyusun kode-kode pembuatan game dan artist bertugas membuat desain antarmuka game tersebut.

Modul untuk programmer di bawah ini merupakan modul kedua dari beberapa modul pembuatan game berbasis Java dalam rangka Mobile Game Developer War yang diselenggarakan Agate Studio.

Materi pertama (file Mobile-Game-DevCamp-Programming-Day3) membahas tentang Sprite. Sprite adalah sekumpulan frame gambar yang diurutkan kemudian akan dijalankan oleh J2ME. Sehingga game yang akan kita buat akan terlihat bergerak.

Banyak yang bisa kita lakukan dengan Sprite, diantaranya mengubah arah gambar (transformasi), menggerakkan sprite, dan lain – lain. Sprite juga bisa memeriksa collision detection juga lho!

Pada materi kedua (file Mobile-Game-DevCamp-Programming-Day4), kita mempelajari tentang State Management Flow, kegunaan State Management biasanya lebih kepada pembuatan menu awal, dimana menu awal adalah Start Game, Tutorial, About, Exit, ketika kita memilih Start Game, maka kita akan mengubah state ke start, di fungsi start kita akan membuat gambar, sprite, maupun logic sedemikian rupa, sehingga game pun berjalan normal.

State management biasanya diimplementasikan pada game Visual Novel, dimana kita memilih akan kemana kita berjalan, dan akhirnya pun berbeda – beda.

File di bawah ini dapat Anda lihat langsung dari browser atau dapat juga Anda unduh terlebih dahulu.

Mobile-Game-DevCamp-Programming-Day3
Mobile-Game-DevCamp-Programming-Day4

Oya, jika masih ada pertanyaan soal materi pelatihan ini? Silahkan e-mail ke contact@agateacademy.com.

Selamat mencoba!

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com