Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kindle Fire "Dibobol", Bisa Jalankan Android 4.0

Kompas.com - 09/12/2011, 08:36 WIB

KOMPAS.com - Tablet Kindle Fire dari Amazon meraih popularitas cukup tinggi di AS berkat harganya yang murah. Sejauh ini, Kindle Fire masih menjalankan Android versi khusus yang telah disesuaikan (customized) oleh Amazon.

Namun, seperti dikutip dari PC World, seorang pengoprek bernama Steven mengaku telah berhasil menjalankan Android Ice Cream Sandwich di Kindle Fire. Ia pun menunjukkan hasil oprekannya itu dalam sebuah video di YouTube dan menyampaikannya di XDA Developers Forum.

Memang, hasilnya masih belum sempurna. Dukungan audio, WiFi, accelerometer dan sensor cahaya belum bisa didapatkan pada perangkat itu.

Steven dikabarkan berniat menerbitkan proyek open source khusus untuk menjalankan Ice Cream Sandwich di Kindle Fire. Ia akan berbagi kode yang digunakannya dalam demo tersebut di proyek ini.

Sejauh ini, Kindle Fire telah berhasil di-root untuk melakukan instalasi Android Market. Seharusnya, Kindle Fire hanya menyediakan akses ke Amazon Appstore. Selain itu, custom ROM CyanogenMod7 (berbasis Android 2.3 / Gingerbread) juga tersedia untuk dipasang pada Kindle Fire.

Amazon tampaknya tak banyak bereaksi terhadap aksi-aksi ini. Mereka sempat mengeluarkan update OS yang meniadakan akses root. Tapi pengguna masih bisa melakukan root ulang perangkatnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com