Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

RIM: BlackBerry Akan Kalahkan Android

Kompas.com - 09/12/2011, 14:23 WIB

SINGAPURA, KOMPAS.com — Research in Motion (RIM) mengklaim bahwa produk mereka, BlackBerry, akan berkembang sangat pesat di Asia Pasifik. Pertumbuhan pasar BlackBerry diramalkan akan melebihi pasar smartphone lainnya, seperti Android dan iPhone pada 2015.

"Berdasarkan survei IDC, BlackBerry akan tumbuh lebih pesat dari pertumbuhan pasar smartphone di Asia Pasifik pada 2015," ungkap Regional Managing Director East Asia RIM, Gregory Wade, dalam BlackBerry Devcon Asia 2011 di Singapura, Rabu (7/12/2011).

Menurut Wade, BlackBerry masih menjadi smartphone nomor satu di sejumlah negara di Asia, seperti Indonesia, Thailand, dan Filipina. Anggapan yang menyebutkan bahwa penjualan BlackBerry menurun tidaklah benar.

Saat ini, menurut RIM, pengguna BlackBerry meningkat 20 juta orang dibandingkan tahun lalu. Wade juga mengatakan, pihaknya akan lebih berfokus pada Asia.

Vendor asal Kanada, Amerika Utara, itu juga akan merambah Asia melalui kegiatan-kegiatan yang bersifat akademis, seperti bekerja sama dengan universitas-universitas di Asia.

Ramalan akan menurunnya penjualan BlackBerry di masa depan muncul seiring dengan perkembangan ponsel Android besutan Google. Jika sebelumnya saingan terberat BlackBerry adalah Apple, kini RIM harus memikirkan strategi mengalahkan Android yang diramalkan menguasai 50 persen pangsa pasar 2012.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com