Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Alibaba Siapkan Rp 36 Triliun untuk Beli Yahoo

Kompas.com - 09/12/2011, 16:42 WIB

KOMPAS.com — Alibaba, perusahaan e-commerce terbesar di China, sedang berusaha menjalin kerja sama untuk penyediaan dana 4 miliar dollar AS (sekitar Rp 36 triliun) untuk mengambil alih 40 persen sahamnya dari Yahoo China.

Tak hanya itu, Alibaba juga terobsesi mengambil alih saham Yahoo di seluruh dunia. Seorang sumber mengatakan kepada Reuters bahwa kelompok penasihat keuangan Rothschild telah menyampaikan term sheet kepada bank untuk meminta proposal jaminan pembiayaan utang dalam jangka waktu tiga tahun.

Sejumlah laporan yang belum dikonfirmasi menyebutkan, Alibaba kemungkinan akan membayar hingga 20 dollar AS (sekitar Rp 182.000) per lembar saham Yahoo. Alibaba bersama kelompok bisnis lain, seperti Softbank, Blackstone Group, dan Bain Capital, sedang membuat penawaran khusus untuk Yahoo.

Di sisi lain, ada dua kelompok lain yang sedang mengajukan pembelian sebagian saham Yahoo. Kelompok pertama adalah TPG dan Greylock Partners, sedangkan kelompok kedua adalah Silver Lake, Microsoft, dan Andreessen Horowitz.

Pada tahun 2005  Yahoo menginvestasikan dana hingga 1 miliar dollar AS di China, salah satunya untuk membeli saham Alibaba.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Lengkapi Profil
    Lengkapi Profil

    Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com