Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ini Alasan Kreator Super Mario Bros Pensiun dari Nintendo

Kompas.com - 10/12/2011, 18:46 WIB

KOMPAS.com - Media-media online di seluruh dunia membicarakan rumor pengunduran diri Shigeru Miyamoto. Pihak Nintendo sempat menyangkal rumor tersebut dan menyatakan Miyamoto tidak berniat pensiun.

Padahal, kreator Game Super Mario Bros dan The Legend of Zelda itu memang mundur dari jabatannya saat ini di Nintendo. Pria 59 tahun ini sudah memilih untuk berkonsentrasi pada proyek-proyek kecil yang lebih pribadi.

Dalam sebuah wawancara eksklusif dengan Wired.com, Kepala Desain Game Nintendo ini mengatakan bahwa ia ingin tak ingin mensupervisi pengembangan game-game legendaris seperti Legend of Zelda, Syward Sword, dan Super Mario Bros.

Miyamoto ingin memberikan kesempatan kepada developer-developer muda. Miyamoto hanya akan mengerjakan proyek-proyek kecil yang tidak membutuhkan waktu lama untuk mengerjakannya.

Miyamoto selalu mengatakan kepada developer game yang masih muda adalah untuk mengirimkan pesan bahwa ia tidak akan selalu berada di sekitar mereka untuk bekerja dengan mereka.

Ia tidak ingin developer game bergantung kepadanya dan mengikuti apa yang diperintahkannya untuk membuat game ini dan game itu.

"Developer muda selalu dalam posisi ingin mendengarkan ide-ide saya. Tapi saya butuh beberapa orang yang tumbuh lebih jauh dari itu. Ini adalah reaksi saya terhadap tim yang sudah ada," ungkapnya.

Miyamoto juga merasa lelah mengkreasikan dan mengembangkan game-game legendaris yang membutuhkan waktu lima tahun dalam pengerjaannya. Saat ini ia hanya ingin membuat game kecil yang dibangun oleh dirinya sendiri bisa dipublikasikan tahun 2012.

"Saya hanya ingin membuat sesuatu yang betul-betul kecil, dan mungkin hanya dibantu dengan developer-developer muda," ujarnya.

Hanya Wired.com yang berhasil membuat wawancara eksklusif dan kemudian dipublikasikan secara berkala. Miyamoto bercerita banyak dalam wawancara eksklusif tersebut, seperti keinginannya untuk pensiun, tentang sentuhan tangannya dalam pengembangan Skyward Sword, proses pembuatan Mario Kart 7 dengan tim pengembang Western, gaming 3D, juga game ponsel.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com