Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompasianival 2011

"Negeri 5 Menara" Ramaikan Kompasianival

Kompas.com - 10/12/2011, 19:41 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Pemeran dan kru film Negeri 5 Menara (N5m) meramaikan acara Kompasianival 2011, di fCONE FX Plaza, Minggu (10/12/2011).

Penulis novel Ahmad Fuadi, Sutradara Affandi Abdul Rahman, Asisten Produser Widya Wardhani Ichram, dan pemeran Alif kecil, Gazza Zubizareta, menceritakan tentang proses pembuatan film N5M yang diproduksi oleh Kompas Gramedia Production.

Fuadi mengatakan, film ini akan bisa diterima oleh seluruh lapisan masyarakat, bukan hanya orang yang beragama Islam. “Ceritanya memang mengisahkan kehidupan di pesantren. Tetapi semangat yang ditularkan adalah semangat universal,” tegasnya.

Proses syuting film N5M berlangsung selama dua bulan yang dilaksanakan di 4 tempat: Pondok Modern Gontor (Jawa Timur), Danau Maninjau (Sumatera Barat), Bandung dan terakhir di London, Inggris.

Syuting di Gontor memerlukan waktu satu bulan dan bertepatan dengan bulan puasa. Seratus lima puluh kru bekerja bersama ribuan figuran dari Gontor dan Ponorogo, dari pagi sampai malam mengejar waktu syuting.

Alasan syuting selama puasa, karena saat itulah 4000 siswa Gontor pulang ke kampung halaman masing-masing. “Waktu itu hanya tersisa sekitar 800 siswa,” kata Widya.

Saat ini, film N5m dalam proses editing, dan pembuatan soundtrack yang digarap Yovie Widianto. “Filmnya akan dirilis awal 2012,” kata Widya yang enggan menyebut tanggal pasti film N5M dirilis.

Widya mengatakan, Kompasianer yang datang di acara Kompasianival berkesempatan menonton gala premier N5M. Caranya, cukup membuat review tulisan tentang diskusi film N5M di acara Kompasianival, lalu mengunggah tulisan tersebut di Kompasiana sebelum 17 Desember 2011.

Bagi yang beruntung, ada 2 tiket gala premier film N5M, 1 novel edisi cover poster film, 1 buku film N5M, sampai makan malam bersama para pemeran dan kru film N5M.

Bagi yang penasaran dengan film N5M, cuplikan filmnya bisa disaksikan di YouTube.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com