Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Twitter Rilis TweetDeck Tanpa Adobe AIR

Kompas.com - 12/12/2011, 16:14 WIB

KOMPAS.com - Twitter merilis aplikasi native TweetDeck 1.0 yang dapat digunakan di perangkat Windows dan Mac. Aplikasi tersebut merupakan aplikasi perdana yang dibuat selain dalam platform Adobe AIR.

Seperti dikutip Kompas Tekno dari Betanews.com, TweetDeck 1.0 juga tersedia di Google Chrome yang juga telah membuang "aroma" Adobe AIR dan mengggantikannya dengan format HTML5.

Berbeda dengan sebelumnya yang berbasis Adobe AIR, aplikasi TweetDeck yang baru ini memiliki antarmuka yang lebih "segar". Warna logonya diganti dari kuning tua menjadi biru, sama dengan warna utama Twitter. Nama pemilik akun Twitter akan tercetak di atas dan memakai huruf tebal.

Sedangkan link, hashtag, dan mentions juga diberikan sentuhan warna biru agar memudahkan untuk dibaca. Namun Twitter menghilangkan hari dan tanggal posting tweet, hanya terdapat informasi waktu penulisan tweet saja.

Khusus di Windows, Twitter memberi penyegaran berupa menu filterisasi, Whats Popular, dan pengendalian pengguna individu termasuk opsi untuk menambah teman ke dalam grup.

Penyegaran TweetDeck ini sempat membuat pengguna kecewa karena beberapa fitur dihilangkan. Pengguna juga harus registrasi secara terpisah sebelum menggunakan aplikasi TweetDeck yang baru ini.

Kekecewaan tersebut juga sempat dilontarkan pengguna saat Twitter mengambilalih TweetDeck pada bulan Mei 2011 lalu. Beberapa menu dihilangkan dan disesuaikan dengan antarmuka Twitter. Tapi ada juga pengguna yang antusias karena antarmuka TweetDeck jadi lebih bersih dan teratur.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com