Trio Bos Google Punya 8 Pesawat Pribadi?

Kompas.com - 13/12/2011, 12:08 WIB
EditorReza Wahyudi

KOMPAS.com — Pesawat pribadi yang dimiliki para pemimpin Google selalu menuai kontroversi. Seperti dikutip dari TechCrunch, trio pemimpin Google, Larry Page, Sergey Brin, dan Eric Schmidt, dikabarkan menambah jumlah pesawat pribadinya total menjadi delapan buah.

Seperti yang diberitakan sebelumnya, mereka juga akan membayar 33 juta dollar AS untuk perbaikan Hangar One, sebuah hanggar pesawat yang dibangun pada 1930. Hangar One yang berada hanya beberapa kilometer dari Googleplex, rencananya akan dihancurkan, lalu dibangun kembali untuk tempat parkir pesawat pribadi Google.

Tahun 2007 lalu, trio ini membeli dua pesawat jet kecil tipe Gulfstream VS dan 1 Boeing 767 pertamanya. Pada tahun yang sama, Google kembali membeli satu pesawat Boeing, kali ini tipe 757. Tahun 2008, harian The New York Times melaporkan, Google memiliki pesawat tempur tipe Dornier Alpha. Google tidak memasang logo pada pesawat-pesawat tersebut.

Jika ditotal, jumlah pesawat tersebut baru ada lima. Berarti, ada tiga pesawat lagi yang belum terungkap oleh media.

Memang baru lima pesawat Google yang asal-usulnya sudah terkonfirmasi. Meski begitu, Direktur Operasional H211 Ken Ambrosius sempat mengatakan bahwa para bos situs mesin pencari itu memiliki delapan pesawat pribadi.

Di sisi lain, keputusan trio pemimpin Google ini menambah jumlah pesawat pribadi mereka sangat bertolak belakang dengan pencanangan Google Green.

Menggunakan pesawat pribadi bisa disebut tidak ramah lingkungan bagi para pemimpin perusahaan yang selalu membanggakan Google sebagai green company.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.