Menkominfo Belum Terima Rekomendasi Hentikan Layanan Blackberry

Kompas.com - 13/12/2011, 19:32 WIB
EditorWicaksono Surya Hidayat

JAKARTA, KOMPAS.com — Menteri Komunikasi dan Informatika Tifatul Sembiring mengaku belum menerima rekomendasi penghentian layanan Blackberry Internet Service dari Badan Regulasi Telekomunikasi Indonesia.

"Tidak ada rekomendasi hal itu. Belum menerima semacam rekomendasi. Belum ada suratnya," katanya di kantor Presiden, Selasa (13/12/2011).

Sebelumnya, anggota Badan Regulasi Telekomunikasi Indonesia (BRTI), Heru Sutadi, melontarkan ide agar layanan Blackberry di Indonesia dihentikan saja. Ini termasuk, tentunya, layanan Blackberry Internet Service (BIS) dan lainnya. Regulator merasa marah karena produsen Blackberry tak juga memenuhi keinginan mereka.

Research In Motion (RIM) selaku produsen Blackberry dianggap tidak memenuhi aturan penyediaan layanan internet di Indonesia. RIM dianggap melanggar aturan Keputusan Menteri (Kepmen) Perhubungan No 21 Tahun 2001 tentang Jasa Telekomunikasi.

BRTI kecewa karena RIM membangun regional network agregator (RNA) di Singapura dan bukan di Indonesia. Mengenai masalah ini, Tifatul menilai, pembangunan RNA itu adalah urusan RIM. "Kalau kita mau RIM mau bangun di sini, ya, lobi. Itu Badan Koordinasi Penanaman Modal, silakan," katanya. (Kontan/Yudho Winarto)

 

Baca tentang


    25th

    Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

    Syarat & Ketentuan
    Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
    Laporkan Komentar
    Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
    komentar di artikel lainnya
    Close Ads X