Mungkinkah "Transformers Cap Bajaj" Jadi Film Layar Lebar?

Kompas.com - 14/12/2011, 11:07 WIB
EditorWicaksono Surya Hidayat

KOMPAS.com — Animasi singkat "Pada Suatu Ketika" karya Lakon Animasi, sebuah studio animasi yang disinyalir berasal dari Solo, membangkitkan harapan pada karya animasi Indonesia. Kualitas animasi dan perhatian pada detail membuat banyak pengguna internet memuji karya tersebut.

Pertanyaan yang muncul kemudian adalah bisakah karya ini dijadikan sebuah film layar lebar? Pertanyaan itu yang jadi ide di balik halaman Facebook berjudul "1001 Dukung Lakon Animasi "Pada Suatu Ketika" Dijadiin Layar Lebar".

Saat dikunjungi Kompas Tekno, Rabu (14/12/2011), halaman itu belum banyak beroleh dukungan. Dari angka 1.001 yang diharapkan, baru ada 34 pengguna yang mengklik "tanda jempol" sebagai bukti dukungan.

Tentunya, untuk bisa jadi sebuah film layar lebar, dibutuhkan upaya yang tidak mudah. Perlu ada kerja keras dan serius, belum lagi modal dana yang tidak sedikit. Dan, ceritanya harus bisa memikat jika mau membuat penonton betah duduk dalam bioskop.

Belajar dari "Bandung Lautan Api"

Sebagai contoh, lihat saja proyek komunitas animasi asal Bandung yang pernah berusaha membuat animasi layar lebar berjudul "Bandung Lautan Api". Upaya itu tercetus sejak 2010. Namun, hingga akhir 2011, penggarapannya belum juga tuntas.

Andriansyah dari Kojo Anima, Bandung, merupakan salah satu yang terlibat dalam upaya tersebut. Dalam bincang singkatnya melalui pesan singkat dengan Kompas Tekno, Rabu (14/12/2011), Andri mengatakan, proyek itu masih belum ada kemajuan.

Salah satu faktornya, kata Andri, adalah kesibukan dari pihak-pihak yang terlibat. Memang, proyek "Bandung Lautan Api" adalah proyek idealis dari komunitas sehingga penggeraknya pun bersifat sukarela.

Upaya Kompas Tekno untuk menghubungi Lakon Animasi belum beroleh balasan. Dengan demikian, masih belum diketahui apakah "Pada Suatu Ketika" akan dilanjutkan sebagai film layar lebar atau hanya proyek animasi pendek.

Apa pun itu, harapan yang sudah bangkit akan karya animasi lokal ini semoga tidak hilang begitu saja. Apalagi, jika ternyata "Pada Suatu Ketika" adalah video viral demi mengiklankan produk tertentu.

Berikut adalah cuplikan trailer/teaser "Bandung Lautan Api":

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca tentang


    Video Pilihan

    26th

    Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

    Syarat & Ketentuan
    Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
    Laporkan Komentar
    Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
    komentar di artikel lainnya
    Close Ads
    Verifikasi akun KG Media ID
    Verifikasi akun KG Media ID

    Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

    Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

    Lengkapi Profil
    Lengkapi Profil

    Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.