Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
sosok

Animator Indonesia di Balik Film Tintin

Kompas.com - 15/12/2011, 03:57 WIB

Oleh: Mbahtonno 
Kompasiana: mbahTonno

Anda sudah menonton film petualangan yang diangkat dari komik yang cukup populer, “The Adventures of Tintin”? Cerita menarik dipadu kepiawaian Steven Spielberg menjadikan film ini cukup sukses di pasar. Film berdurasi 107 menit ini mengambil cerita dari komik Tintin “The Secret of the Unicorn” dan “Red Rackham’s Treasure”.

Suksesnya sebuah film tentunya tidak luput dari orang-orang di balik studio, sebuah teamwork yang bekerja dalam waktu yang cukup lama. Proses pengerjaan film Tintin hingga selesai, mencapai waktu empat tahun. Pembuatan animasinya sendiri memakan waktu setahun lebih, melibatkan hampir 80 animator. Salah satu orang yang sangat berperan dalam film tersebut adalah Rini Sugianto, nama yang sangat Indonesia, karena memang dia adalah orang Indonesia. Lulusan S2 dari Academy of Arts di San Francisco, California, ini sekarang bekerja di Weta Digital, Selandia Baru.

Film ini diproduksi di Wellington dengan pengarahan Steven Speilberg yang lebih banyak dilakukan melalui video conference. Kualitas produksi yang sangat bagus membuat kita sering lupa itu hanya sebuah animasi. Semua obyek yang ada dalam film hanyalah rekayasa digital yang mampu menyerupai bentuk aslinya.

Bisa dibilang dia adalah salah seorang animator film tersebut. Sekitar 70 shoot adalah hasil karyanya. Sebelum bekerja di Weta Digital, Rini adalah supervisi animator di Blur Studio, sebuah perusahaan yang berbasis di Venice, California, dari tahun 2007 hingga 2010. Rini mulai tertarik dunia animasi sejak tahun 2003 saat bekerja di Radium, sebuah perusahaan yg berkonsentrasi pada pembuatan efek animasi yang berlokasi di Dallas, Texas, dan Santa Monica, California. Wanita bernama lengkap Rini Triyani Sugianto ini juga sempat menyicipi Pixar Class.

Saat ini Rini sedang menyelesaikan sebuah film superhero berjudul “The Avengers”. Kejutan apalagi yang akan kita dapat darinya?

Selengkapnya: http://kom.ps/jRQE

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com