Android dan iOS Dominasi Pasar "Smartphone" AS

Kompas.com - 15/12/2011, 12:58 WIB
EditorWicaksono Surya Hidayat

KOMPAS.com — Platform Google Android dan Apple iOS mendominasi pasar smartphone di Amerika Serikat (AS) pada 2011 ini. Sementara sistem operasi lain yang ikut meramaikan pasar AS, seperti BlackBerry OS dan Windows, dipaksa bekerja keras untuk mereformasi strategi masing-masing.

Lembaga peneliti pasar, The NPD Group, telah mengeluarkan laporan mengenai pasar smartphone di AS dari Januari hingga Oktober 2011. "Kompetisi yang telah dikuasai Google dan Apple memaksa perusahaan penyedia handset untuk melakukan perubahan besar," kata Ross Rubin, Executive Director of Connected Intelligence for The NPD Group, yang dikutip Kompas Tekno, Kamis (15/12/2011).

Platform Android dari Google mewakili 53 persen dari pasar smartphone di AS, atau naik 11 persen dari tahun 2010. Peningkatan ini terbilang pesat karena pada 2009 lalu pasar Android di AS hanya 9 persen.

Untuk Apple iOS tumbuh menjadi 29 persen. Pangsa pasar iOS di AS sempat mengalami penurunan. Pada 2009, pengguna iOS sebesar 24 persen, tetapi pada 2010 turun menjadi 21 persen.

Sedangkan pasar BlackBerry OS besutan Researh In Motion (RIM), tahun ini turun menjadi 10 persen. Masa kejayaan BlackBerry OS terjadi pada 2009, ketika mereka meraup 44 persen pasar smartphone di AS, mengalahkan iOS dan Android. Namun, popularitas BlackBerry OS mulai menurun pada 2010 dengan perolehan pasar 25 persen.

Sementara dua sistem operasi dari Microsoft semakin terpuruk karena pasar Windows Mobile hanya 3 persen dan Windows Phone 7 hanya 2 persen. Windows Mobile sempat berjaya pada 2007 dengan pangsa pasar hingga 42 persen.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.