Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
TUTUP TAHUN

Saatnya Bermain, Xperia Play

Kompas.com - 16/12/2011, 03:45 WIB

Memang bergembira bersama-sama teman atau saudara seperti pada liburan akhir tahun 2011 ini tidak bisa digantikan dengan alat semata. Namun, tidak jarang muncul situasi yang sangat menjengkelkan manakala terpaksa harus menunggu lama, apakah saat dalam perjalanan darat yang panjang, menunggu penerbangan, atau jadwal penerbangan yang berubah (delay).

Teman setia dalam situasi menjemukan saat menunggu seperti itu adalah bermain, sementara pada saat yang sama mata dan telinga dituntut tetap harus siaga. Pada saat ini, perangkat yang paling praktis adalah telepon seluler, apalagi hampir setiap ponsel pintar sekarang sudah melengkapi dirinya dengan fitur bermain (game).

Tentu saja bermain di ponsel memiliki banyak keterbatasan karena ponsel memang tidak dirancang khusus untuk bermain. Ponsel khusus masih sangat jarang, tetapi salah satu keluaran terakhir yang bisa menjadi andalan penggemar game adalah Xperia Play dari perusahaan Sony Ericsson.

”Ponsel ini bahkan merupakan Android smartphone yang memiliki sertifikasi PlayStation pertama di dunia. Model ini merupakan pionir untuk bermain game yang secara khusus dilengkapi tombol D Pad yang biasanya ada pada konsol PlayStation,” kata Djunadi Satrio, Head of Marketing Sony Ericsson Indonesia, beberapa waktu lalu.

Ponsel yang telah mengusung sistem operasi Android 2.3 (Gingerbread) ini akan memberikan keleluasaan penggemar game untuk bermain, tidak seperti pada ponsel biasa. Dan, untuk menciptakan ekosistem game, pihak Sony Ericsson juga sudah bermitra dengan pengembang game kunci dunia.

Di antaranya adalah EA dengan game The Sims 3 dan FIFA 10, GLU (Guitar Hero), Gameloft (Assassin’s Creed dan Splinter Cell). Termasuk dengan Unity Technologies untuk menghasilkan game 3D berkualitas tinggi. Xperia Play sendiri memiliki enam game di atas tanpa perlu mengunduh lagi.

Ponsel ”game”

Sebagai smartphone, ponsel berlayar 4 inci ini sudah dibekali sarana bersosialisasi dalam jaringan sosial seperti halnya ponsel Xperia pendahulunya. Xperia Play menggunakan prosesor Snapdragon dari Qualcomm berkecepatan 1 GHz, layar multitouch, dan kamera 5 MP.

Untuk mendukung permainan, ditanamkan prosesor grafis Adreno GPU yang mampu mengantarkan play back 3D mobile gaming 60 fps yang mulus, selain untuk penggunaan penelusuran web dengan konsumsi daya yang minimal. Wajah asli ponsel ini akan tampak ketika kontrol permainan ditarik keluar, yang memperlihatkan kapasitas game yang optimal.

Selain menampilkan D Pad digital, terdapat juga dua touch pad analog, dua tombol bahu, dan empat ikon PlayStation, yaitu circle, cross, square, dan triangle. Pemandangan yang sangat tidak asing bagi mereka yang senang bermain game.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com