Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Follower Twitter KPK Capai 42.483

Kompas.com - 16/12/2011, 08:35 WIB
Icha Rastika

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Komisi Pemberantasan Korupsi memanfaatkan situs jejaring sosial sebagai sarana menyebarkan informasi maupun mendapatkan respon langsung dari masyarakat. Hingga kini, follower Twitter KPK dengan akun @KPK_RI mencapai 42.483. Sementara friends di Facebook berjumlah 3.556.

"Sosial media juga dimanfaatkan KPK untuk mendistribusikan informasi seputar kegiatan lembaga dan informasi antikorupsi lainnya," kata Ketua KPK, Busyro Muqoddas membacakan laporan kinerja pimpinan KPK selama tahun 2011 di Jakarta, Kamis (15/12/2011) petang.

Penggunaan Twitter dan Facebook merupakan program KPK dalam menciptakan keterbukaan informasi publik. Selama 2011, kata Busyro, KPK menerima permintaan pelayanan informasi publik sebanyak 828 permintaan.

"Dikirim melalui surat, email, telepon, maupun datang langsung," tambahnya. Hampir seluruh permintaan tersebut, dipenuhi KPK.

Namun ada juga sengketa informasi yang diajukan kepada Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi KPK Pada 2011 karena si peminta informasi tidak mendapatkan info sebagaimana mestinya. "Sengketa ini sudah masuk tahap mediasi Komisi Informasi Pusat pada 28 Juli 2011," ujar Busyro.

Selain itu, dalam hal keterbukaan informasi, KPK melakukan perbaikan untuk Portal Anti-Corruption Clearing House tahun ini. Portal tersebut dipersiapkan untuk menjadi portal yang lebih lengkap dalam menyediakan data-data antikorupsi dari KPK maupun lembaga penegakkan hukum lainnya.

Sementara di internal KPK, telah diselesaikan beberapa peraturan internal terkait pelayanan informasi publik yaitu terbitnya Surat Keputusan Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi KPK mengenai informasi yang dikecualikan, standar operasional prosedur pelayanan informasi publik, dan buku pedoman standar pelayanan informasi publik di KPK.

Masa jabatan pimpinan KPK periode ke-2 yang dipimpin Busyro Muqoddas akan berakhir Sabtu (17/12/2011) besok. Lima unsur pimpinan KPK periode itu, Busyro, Chandra M Hamzah, Bibit Samad Rianto, M Jasin, dan Haryono Umar akan digantikan oleh Abraham Samad, Bambang Widjojanto, Adnan Pandupraja, Zulkarnain, dan Busyro kembali.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Lengkapi Profil
    Lengkapi Profil

    Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com