Pendiri Microsoft Bikin Pesawat Luar Angkasa

Kompas.com - 16/12/2011, 08:40 WIB
EditorWicaksono Surya Hidayat

KOMPAS.com - Miliuner Paul Allen, salah satu pendiri Microsoft berencana untuk mengerjakan proyek penerbangan luar angkasa.

Proyek yang diberi nama Stratolaunch Systems ini akan memungkinkan sebuah pesawat meluncurkan roket, yang dapat mengirimkan barang dan bahkan manusia, ke dalam orbit luar angkasa.

Sistem ini mirip dengan yang dikembangkan oleh Rutan dan proyek Allen's SpaceShipOne, namun kali ini jauh lebih besar. Pesawat yang akan dibangun, nantinya menggunakan enam mesin pesawat 747 dan lebar sayap akan mencapai 385 kaki, jauh lebih besar dari sayap pesawat Airbus A380.

Pesawat sendiri akan dirancang dan dibangun oleh Scaled Composites, yang mendirikan perusahaan Rutan-SpaceShipTwo untuk Virgin Galactic. Pesawat ini dirancang untuk beroperasi di bandara besar, seperti Kennedy Space Center. Pesawat nantinya akan terbang sejauh minimal 30 ribu kaki untuk menuju ruang angkasa.

Pesawat ini akan memerlukan landasan pacu 12 ribu kaki dan bisa terbang sejauh 1200 mil. Konstruksi akan mulai dilakukan di Mojave Air dan Space Port di California Selatan.

Mike Griffin, mantan administrator NASA yang menjadi anggota dewan proyek Stratolaunch Systems mengatakan, penerbangan pertama diperkirakan bisa dilakukan lima tahun mendatang.

Namun untuk menerbangkan manusia, masih dibutuhkan berbagai penelitian lanjutan saat teknologi ini sudah bisa dipalikasikan dalam penerbangan resmi ke luar angkasa.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.