Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Boost Coba Sambungkan Silicon Valley dan Indonesia

Kompas.com - 16/12/2011, 13:27 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Boost Conference adalah konferensi yang mempertemukan startup di Indonesia dengan pembicara dari Silicon Valley dan Jepang secara gratis. Harapannya, banyak tercipta pengusaha lokal yang mampu go international.

Boost Asia diselenggarakan oleh sebuah tim organizer. Salah satunya, CEO Biznet Networks Adi Kusma. Menurut Adi, pengembangan startup lokal di tanah air masih tertinggal jauh dibanding India dan China.

"Sangat sulit untuk mendapatkan mentor dan dukungan dana untuk memperbesar startup lokal. Sehingga kami (berupaya) menghadirkan pengusaha startup dari Silicon Valley dan Jepang ke sini," kata Adi di dalam konferensi pers Boost Asia di Intercontinental, Jakarta, Jumat (16/12/2011).

Konferensi ini akan diadakan pada 16 Januari 2012 di Universitas Bina Nusantara Jakarta dan pada 17-18 Januari 2012 di Hotel Intercontinental Jakarta. Pengusaha yang akan hadir adalah Brent Hurley (salah satu pendiri Youtube), Tetsuya Mizuguchi (eks-produser Sega Rally), Aki Sano (pendiri Cockpad), Jameson Hsu (Mochi Media), Jia Shen (RockYou Asia) dan Ian McFarland (Digital Garage).

Selama konferensi nanti, pengusaha startup lokal akan mendapat peluang atau akses pendanaan, inkubasi start up hingga berbagi pengalaman dengan mentor tersebut. Startup yang dimaksud adalah mereka yang baru memulai usaha yang bergerak di bidang digital / web.

"Di Indonesia sudah ada sekitar 300 startup lokal, tapi masih ada startup lokal yang dimiliki oleh individu atau hanya dua orang pelaku yang ada di daerah. Inilah sebenarnya sasaran kita, agar start up mereka berpeluang membesar," kata Adi.

Organizer lainnya, CEO dan Co Founder RUMA Aldi Haryopratomo, menambahkan startup lokal yang dibidik ini setidaknya usahanya sudah berjalan dan sudah punya pendapatan, walau sedikit. Namun tidak menutup kemungkinan bagi mahasiswa dan umum untuk menghadiri konferensi tersebut.

"Ini adalah kegiatan pertama kali bagi Boost, namun ke depan kami akan menyelenggarakan setiap tahun. Harapannya mereka yang ingin bergerak di bidang startup mau belajar dari acara seperti ini," Aldi menjelaskan.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com