Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Semilir Kerjasama di Balik Apple vs Samsung

Kompas.com - 19/12/2011, 08:49 WIB

KOMPAS.com - Samsung dan Apple boleh berseteru dalam berbagai sidang. Di balik itu, keduanya masih bekerjasama. Bahkan Samsung "mendekati" Apple lewat Texas.

Kebanyakan produsen elektronik membuat komponen atau merakit produk di Asia untuk menekan biaya produksi. Namun, Apple malah memindahkan lokasi produksi chip A5 mereka ke Texas, Amerika Serikat, di sebuah pabrik milik Samsung. Di sanalah, Apple memproduksi chip A5 yang menjadi otak kecanggihan iPad 2 dan iPhone 4S.

Pabrik yang mulai beroperasi Desember 2011 ini terletak di Austin, negara bagian Texas. Luasnya 9 kali luas lapangan sepakbola. Samsung merancang pabrik ini khusus untuk memproduksi chip non memory dan NAND flash memory. Perusahaan asal Korea Selatan ini mengerahkan 1.100 pekerja untuk memproduksi chip non memory, dan 1.300 pekerja lagi untuk memproduksi NAND flash memory.

Pabrik Samsung ini merupakan investasi asing terbesar di Texas dengan total investasi sekitar 9 miliar Dollar AS. Sebagian besar produksi chip non-memory yang diproduksi di pabrik itu, diperuntuhkan untuk Apple.

Semua kabar itu didapatkan Reuters dari seorang sumber yang tidak mau disebut namanya. Menurut Reuters, pihak Apple menolak berkomentar. Mereka tidak mau memberikan penjelasan hubungan kerjasama antara Apple dengan pihak yang memasok chip A5. Begitu juga dengan pihak Samsung, tidak mau menjelaskan siapa pelanggan mereka dan bagaimana spesifikasi chip A5.

Chip A5 pertama kali disematkan di iPad pada bulan Maret 2011, dan sekarang digunakan untuk iPhone 4S. Chip A5 ini menggunakan teknologi lisensi dari ARM Holdings di Inggris, lalu Apple merancangnya di California.

Sebelum A5, chip A4 dari Apple juga diproduksi oleh Samsung. Meski Apple adalah salah satu pelanggan terbesar Samsung, keduanya kini bersaing kuat di pasar global untuk smartphone dan tablet. Bahkan, keduanya sedang berseteru soal hak paten di beberapa negara. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com