Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

The L Team, Kelompok Penguasa di Google

Kompas.com - 19/12/2011, 13:10 WIB

KOMPAS.com - Sebuah korporasi besar biasanya memiliki lingkar satu, inilah para eksekutif yang mengambil peran penting dalam menentukan arah perusahaan ke depan.

Di Google, tim ini dikenal dengan nama The L Team. Huruf L itu tak lain merujuk pada Larry Page, pendiri dan CEO Google saat ini.

Di masa Eric Schmidt, tim ini dikenal dengan nama The OC, singkatan dari Operating Committee. Kini, nama L seakan menegaskan peran Larry Page yang makin dominan di Google.

Tak sekadar mengubah julukan, komposisi The L Team pun berbeda dengan The CO. Page mengubah posisi beberapa eksekutif dan memasukkan beberapa manajer yang dianggap punya peranan kunci.

Reuters dalam laporan khususnya menampilkan sekilas The L Team ini. Antara lain, terdapat nama Vic Gundotra, ia adalah kepala urusan jejaring sosial di Google.

Nama lain yang juga terkenal adalah Andy RUbin. Rubin adalah pendiri Android yang kemudian diakuisisi Google dan kini menjadi kepala urusan mobile di Google.

Selain itu, ada juga Salar Kamangar. Ini adalah orang Google yang sekarang memimpin situs berbagi video YouTube.

Page melakukan "sidang kabinet" secara rutin dengan orang-orang di dalam The L Team. Kabinet ini juga mencakup eksekutif bidang hukum dan keuangan.

The L Team tentunya adalah julukan internal belaka dan bukan nama resmi. Tim ini mulai disusun Page saat ia menjabat CEO. Boleh dibilang, semua keputusan penting Google harus melalui tim ini dahulu.

Seperti lazimnya perubahan, selain ada yang masuk tentu ada yang pergi. Beberapa eksekutif top Google dikabarkan telah meninggalkan lingkar satu ini.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com