Joko Anwar "Kecanduan" Audisi Lewat Twitter dan Facebook

Kompas.com - 19/12/2011, 14:02 WIB
EditorWicaksono Surya Hidayat

KOMPAS.com - Sudah dua kali Joko Anwar melakukan audisi lewat Facebook dan Twitter. Ia pun mengaku "kecanduan" dan akan lebih sering melakukannya.

Pertama kali ia melakukan audisi lewat Twitter dan Facebook adalah untuk Onrop Musikal. Kemudian, terbaru, ia melakukan audisi untuk film Modus Anomali. Audisi kedua itu pun terbilang sukses.

Ia mengaku membutuhkan delapan orang pemain untuk film Modus Anomali ini dan hanya membutuhkan empat orang yang diaudisi melalui jejaring sosial. "Yang mendaftar lewat Facebook ada 400-an orang, yang mendaftar lewat Twitter saya udah gak bisa ngitung," kata Joko saat ditemui di acara So Me Playground, Pantai Karnaval Ancol, Jakarta, Sabtu (17/12/2011).

Dari jumlah yang mendaftar itu, akhirnya Joko memanggil 80 orang untuk audisi langsung. "Akhirnya, saya dapat dua orang dari Facebook dan dua orang dari Twitter," lanjutnya.

Lebih Alami

Joko mengaku lebih mudah melakukan audisi melalui jejaring sosial daripada cara tradisional seperti dari agensi. "Kalau dari jejaring sosial itu kita lebih mendapatkan sosok yang alami. Foto-foto mereka di Facebook bermacam-macam dan kita bisa melihat postur tubuh, kehidupan sehari-hari mereka," kata Joko. 

Karena fotonya lebih alami, Joko mengaku lebih mudah mencari karakter yang dibutuhkan untuk filmnya. "Sedangkan kalau lewat agency, yang kelihatan hanya foto-foto yang sudah dimodifikasi," tambahnya.

Selain itu, menurut Joko, mencari pemain dari masyarakat umum yang dijaring melalui sosial media lebih memudahkannya untuk membentuk para pemain. Dengan atau tanpa bakat, para pemain ini menurutnya punya kesempatan yang sama untuk berkarya di dunia akting.

Joko melakukan audisi selama 4 bulan, yang dimulai sejak 4 April 2011. Kini, proses syuting telah berjalan dan rencananya film Modus Anomali akan tayang di bioskop pada April 2012. Film ini bercerita tentang seorang laki-laki yang harus menyelamatkan keluarganya yang hilang satu persatu secara misterius saat berlibur di sebuah hutan.

Rio Dewanto menjadi pemeran utama pria, dan akan beradu akting dengan aktris seksi kelahiran London, Hannah Al Rasyid. Pada Juli lalu, usulan naskah film ini memenangkan penghargaan Bucheon Award di ajang Network of Asian Fantastic Films (NAFF) yang merupakan bagian dari Puchon International Fantastic Film Festival di Korea Selatan.

Joko Anwar mengaku akan lebih sering melakukan audisi di sosial media setelah keberhasilannya membuat satu film bioskop dan satu karya teater musikal dengan pemain yang diaudisi dari sosial media. Selain itu, baginya sosial media merupakan media yang tepat untuk mempromosikan film.



Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X