Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

iPad Masih Rajai Pasar Tablet Dunia

Kompas.com - 20/12/2011, 08:45 WIB

KOMPAS.com — Berdasarkan riset International Data Corporation, hingga kuartal III-2011, iPad besutan Apple mampu memimpin 61,5 persen pangsa pasar tablet dunia. Tahun depan, pangsa pasarnya diperkirakan juga akan meningkat seiring dengan masuknya ke pasar korporasi dan industri pendidikan.

Penjualan tablet dunia hingga September 2011 sekitar 18,1 juta unit. Jumlah tersebut naik 264,5 persen dari penjualan yang sama di tahun lalu. Dari total tersebut, iPad menguasai 61,5 persen pasar, yaitu mampu menjual 11,1 juta unit, naik dari 9,3 juta unit di kuartal II-2011. Namun, pangsa pasarnya anjlok jika dibandingkan dengan Juni 2011 yang masih 63,3 persen.

Kemudian  disusul Samsung Galaxy Tab yang menguasai 5,6 persen pangsa pasar, atau hanya berhasil menjual 1.013.600 unit. Posisi ketiga ditempati HP TouchPad yang mendapat pasar 5 persen dengan penjualan 903.354 unit.

Posisi penjualan HP TouchPad ini memang cukup mengejutkan karena pihak HP ternyata mengobral habis-habisan produknya tersebut hanya seharga 99 dollar AS. Ternyata, cuci gudang itu disambut positif oleh pasar, dan berhasil meningkatkan pangsa pasarnya.

Posisi keempat ditempati Barnes & Noble Nook Tablet yang terjual 805.458 unit dengan pangsa pasar 4,5 persen. Sementara, Asus di posisi 5 dengan pangsa pasar 4 persen.

"Produk yang juga patut diwaspadai penjualannya adalah Amazon Kindle Fire dan Nook dari Barnes & Noble. Produk tersebut cukup menggeser pangsa pasar Apple iPad," ungkap Direktur Riset Mobile Connected Devices International Data Corporation (IDC) Tom Mainelli.

Amazon Kindle Fire benar-benar menjadi produk laris karena hanya dijual 79 dollar AS per unit untuk entry level dan 99 dollar AS untuk touch based.

Android kuasai OS tablet

Pangsa pasar OS Android di kuartal III-2011 ini sedikit menurun, yaitu hanya 32,4 persen, dari 33,2 persen di kuartal II-2011. Namun, IDC memprediksi bahwa pangsa pasar OS Android bakal melampaui 40,3 persen di akhir  2011. Peningkatan tersebut disebabkan karena penggunaan OS Android di Kindle Fire dan Nook.

Konsekuensinya, di akhir September ini, OS Blackberry turun dari 1,1 persen menjadi 0,7 persen, iOS turun dari 61,5 persen menjadi 59 persen, dan webOS dari 5 persen menjadi 0 persen.

Meski HP mengumumkan pada pekan lalu bahwa webOS akan menjadi platform terbuka, tetapi tidak akan begitu berarti meningkatkan pangsa pasarnya di tahun depan.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com