Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kampanye Think Different Apple Jadi "Rebutan"

Kompas.com - 20/12/2011, 16:46 WIB

KOMPAS.com - Iklan kampanye Think Different milik Apple mulai digalang sejak 1997. Kalimat itu melegenda dan seakan jadi nafas Apple, sejak menghadirkan iMac (1998) sampai sekarang.

Akan tetapi. setelah Steve Jobs meninggal pada Oktober 2011, asal-usul Think Different jadi perdebatan. Tak kurang ada empat orang yang berbeda, termasuk Jobs, yang disebut sebagai pencetusnya.

Kampanye itu muncul bertepatan saat agensi periklanan terkemuka TBWA dipercaya mengatur strategi promosi Apple. Menurut Rob Siltanen, mantan eksekutif TBWA, kampanye Think Different bukan ditulis oleh Steve Jobs.

Dalam sepenggal tulisan di Forbes, Siltanen menyebut Craig Tanimoto, salah satu Art Director di TBWA, sebagai pencetusnya.

Namun Walter Isaacson, penulis buku biografi Steve Jobs, mengatakan bahwa frase itu diucapkan sendiri oleh Jobs, dalam sebuah pidato, jauh hari sebelum iklan kampanye tersebut dirilis.

Orang ketiga yang punya klaim adalah mantan Creative Director TBWA, Ken Segall. Kepada Cult of Mac Segall mengatakan dirinya adalah penulis kampanye Think Different.

Meskipun Segall mengakui, sebelum slogan itu diputuskan menjadi kampanye resmi Apple, Tanimoto ikut memilih Think Different di antara sekian banyak slogan lain yang diajukan.

Pimpinan TBWA, Lee Clow, juga mengaku mengusulkan Think Different kepada Jobs. Hal ini tertulis dalam dalam buku berjudul The Second Coming of Steve Jobs (2001) karya Alan Deutschman.

Jadi siapa yang paling benar? Tidak ada kesimpulan yang pasti dan kebenaran yang sejati pun tampaknya akan tertutupi oleh saling klaim tersebut. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com