Kompas.com - 20/12/2011, 17:13 WIB
EditorWicaksono Surya Hidayat

KOMPAS.com - Perseteruan soal hak paten Apple versus HTC mencapai babak lanjutan. International Trade Commision (ITC) memutuskan, HTC melanggar satu paten Apple. Larangan impor untuk produk yang melanggar paten itu pun diberlakukan mulai 19 April 2012.

Di satu sisi, Apple bisa dibilang menang karena HTC dianggap melanggar. Namun di sisi lain, dari 10 paten yang diajukan, hakim ITC pada akhirnya hanya memutuskan satu pelanggaran saja.

Para ahli mengatakan, keputusan tersebut tidak akan merugikan HTC selama perusahaan ini memiliki niat baik untuk menghilangkan teknologi yang terbukti melanggar hak paten. Jika bisa melakukan itu sebelum 19 April 2012, produk HTC tak akan menghadapi blokir apapun di AS.

"Kami menghormati keputusan pengadilan dan akan segera menghapus teknologi yang melanggar paten tersebut dari semua ponsel pintar kami," ungkap Grace Lei, pengacara HTC.

Paten yang dimaksud terkait dengan teknologi yang membantu pengguna saat mengklik nomor telepon dan data lain di dalam sebuah dokumen, misalnya dalam email. Pengguna akan dibantu untuk memutar nomor telepon itu secara langsung atau mendapatkan informasi lebih lanjut.

Peter Toren, pengacara dari Shulman Rogers, mengatakan apa yang terjadi bukanlah kemenangan bagi siapapun. "HTC punya banyak waktu untuk mengatasi paten itu, dan saya tahu mereka sedang mencari caranya," ujar Toren.

Ini merupakan hasil sidang final ITC. Awalnya Apple mengajukan 10 paten yang dianggap dilanggar. ITC lalu membatalkan 6 dari 10 tuntutan itu. Dari 4 yang tersisa, hanya 2 yang sempat dianggap melanggar. Namun pada keputusan final, hanya 1 yang akhirnya ditetapkan.

 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca tentang


    Video Pilihan

    26th

    Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

    Syarat & Ketentuan
    Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
    Laporkan Komentar
    Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
    komentar di artikel lainnya
    Close Ads
    Lengkapi Profil
    Lengkapi Profil

    Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.