Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Google Doodle Kini Bisa Jadi Cinderamata

Kompas.com - 21/12/2011, 07:42 WIB

KOMPAS.com - Google Doodle adalah desain dekoratif pengganti logo Google di halaman utamanya. Karena kreativitasnya, Google Doodle kadang menjadi topik hangat di berbagai media online di seluruh dunia. Kini, Google memudahkan pengguna yang mau melihat-lihat Doodle yang telah lalu. Bahkan termasuk menjadikannya cinderamata untuk disimpan.

Biasanya, Doodle muncul merayakan peristiwa bersejarah tertentu atau mengenang seorang tokoh. Google Doodle yang pertama kali dipublikasikan adalah tahun 1998, untuk memperingati Burning Man Festival.

Ada tim desainer di balik Doodle itu. Mereka adalah Dennis Hwang, Michael Lopez, Ryan Germick, Susie Sahim dan Jennifer Hom. Kadang Doodle juga mencari kontribusi dari luar.

Misalnya, Google pernah menyelenggarakan kompetisi untuk anak-anak menciptakan Doodle. Puru Pratap Singh (9 tahun) dari India memenangkan Doodle untuk Google 2009. Untuk tahun 2011 pemenangnya Matteo Lopez, dari San Francisco AS.

Situs khusus Google Doodle bisa dilihat di: www.google.com/doodles/finder/2011/All%20doodles. Dari sana terdapat tautan ke Doodle Store, untuk memesannya sebagai cinderamata.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com