Seagate Rampungkan Akuisisi Bisnis Hard Disk Samsung

Kompas.com - 21/12/2011, 07:54 WIB
EditorWicaksono Surya Hidayat

KOMPAS.com - Seagate Technology telah secara resmi mengambil alih bisnis hard disk drive (HDD) Samsung Electronics Co Ltd. Akuisisi ini sudah mendapat persetujuan resmi dari Komisi di Australia, China dan Eropa.

Seperti dikutip dari keterangan pers Seagate, nilai akuisisi ini sebesar 1,4 miliar dollar AS, terdiri dari 45.239.490 saham biasa (ordinary shares) Seagate dan sisanya dibayar secara tunai. Sebagai kompensasi, Samsung juga telah menunjuk calon untuk menjadi salah satu Dewan Direksi Seagate.

Dengan akuisisi ini, Seagate akan mendapatkan hak penjualan bisnis HDD Samsung seperti lini produk Samsung M8, HDD 2,5 inci, beberapa aset, infrastruktur dan karyawan. Selain itu, karyawan Samsung akan bergabung dengan Seagate termasuk sejumlah manajer senior dan karyawan desain teknis dari fasilitas Samsung Korea, yang akan fokus pada pengembangan produk komponen bentuk kecil (small form-factor) untuk pasar komputasi mobile.

Senior Vice President & General Manager Samsung N Y Park akan melakukan supervisi untuk kegiatan pengembangan produk Seagate di Korea dan memegang jabatan sebagai Country Manager untuk pusat desain Korea, dan akan melapor langsung ke Bob Whitmore, Executive Vice President dan CTO Seagate.

Pasca akuisisi, Seagate akan tetap mempertahankan merek HDD Samsung di pasaran terutama dalam setahun ke depan. Selain itu juga akan meningkatkan lini staf penjualan hingga lini penelitian dan pengembangan (R&D). Seagate akan menambah kapasitas produksi HDD Samsung selama enam bulan ke depan dan akan menjual produk HDD Samsung melalui perusahaan independen.

Di 2010, pengiriman HDD dari dua produsen HDD ini mencapai 261,2 juta unit, ini merupakan 40 persen penjualan HDD di seluruh dunia. Sementara Western Digital dan Hitachi Global Storage Technologies masih memimpin pangsa pasar sebesar 50 persen.

Mungkin pangsa pasar produsen HDD ini bakal berubah di akhir kuartal ini dan di tahun depan akibat banjir di Thailand. Terutama karena pabrik dari Western Digital dan Seagate terendam banjir.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.