Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Seagate Rampungkan Akuisisi Bisnis Hard Disk Samsung

Kompas.com - 21/12/2011, 07:54 WIB

KOMPAS.com - Seagate Technology telah secara resmi mengambil alih bisnis hard disk drive (HDD) Samsung Electronics Co Ltd. Akuisisi ini sudah mendapat persetujuan resmi dari Komisi di Australia, China dan Eropa.

Seperti dikutip dari keterangan pers Seagate, nilai akuisisi ini sebesar 1,4 miliar dollar AS, terdiri dari 45.239.490 saham biasa (ordinary shares) Seagate dan sisanya dibayar secara tunai. Sebagai kompensasi, Samsung juga telah menunjuk calon untuk menjadi salah satu Dewan Direksi Seagate.

Dengan akuisisi ini, Seagate akan mendapatkan hak penjualan bisnis HDD Samsung seperti lini produk Samsung M8, HDD 2,5 inci, beberapa aset, infrastruktur dan karyawan. Selain itu, karyawan Samsung akan bergabung dengan Seagate termasuk sejumlah manajer senior dan karyawan desain teknis dari fasilitas Samsung Korea, yang akan fokus pada pengembangan produk komponen bentuk kecil (small form-factor) untuk pasar komputasi mobile.

Senior Vice President & General Manager Samsung N Y Park akan melakukan supervisi untuk kegiatan pengembangan produk Seagate di Korea dan memegang jabatan sebagai Country Manager untuk pusat desain Korea, dan akan melapor langsung ke Bob Whitmore, Executive Vice President dan CTO Seagate.

Pasca akuisisi, Seagate akan tetap mempertahankan merek HDD Samsung di pasaran terutama dalam setahun ke depan. Selain itu juga akan meningkatkan lini staf penjualan hingga lini penelitian dan pengembangan (R&D). Seagate akan menambah kapasitas produksi HDD Samsung selama enam bulan ke depan dan akan menjual produk HDD Samsung melalui perusahaan independen.

Di 2010, pengiriman HDD dari dua produsen HDD ini mencapai 261,2 juta unit, ini merupakan 40 persen penjualan HDD di seluruh dunia. Sementara Western Digital dan Hitachi Global Storage Technologies masih memimpin pangsa pasar sebesar 50 persen.

Mungkin pangsa pasar produsen HDD ini bakal berubah di akhir kuartal ini dan di tahun depan akibat banjir di Thailand. Terutama karena pabrik dari Western Digital dan Seagate terendam banjir.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com