Kompas.com - 21/12/2011, 09:36 WIB
EditorReza Wahyudi

KOMPAS.com — Microsoft menawarkan cara baru dan unik untuk login ke perangkat bersistem operasi Windows 8. Dengan fitur Picture Password, Anda bisa masuk ke sistem operasi dengan menggunakan sebuah foto sebagai password-nya.

Manajer program untuk tim Microsoft's You Centered Experience, Zach Pace, menjelaskan cara menggunakan foto sebagai password. Ada dua tahap yang harus dilakukan untuk membuat picture password itu.

Pertama, pasanglah salah satu foto Anda yang berbeda atau memiliki keunikan tersendiri agar lebih aman dan mudah diingat. Foto tersebut akan muncul di layar saat posisi terkunci atau saat Anda hendak mengaktifkan perangkat.

Kedua,  keamanan yang sesungguhnya dari picture password ini berasal dari cara jari Anda menyentuh atau menggambar bagian-bagian tertentu pada foto. Sistem ini merekam kombinasi gerakan pada layar sentuh, yaitu lokasi gerakan, arah gerakan, dan gerakan jari.

Untuk gerakan jari bisa berupa titik, garis, ataupun lingkaran. Gerakan-gerakan itu akan diterima sebagai akses yang valid sehingga Windows 8 menafsirkan gerakan tersebut sebagai password.

"Ketika Anda menggambar lingkaran atau garis pada lokasi gambar yang dipilih, Windows merekam bagaimana cara Anda menggambar," kata Pace.

Jadi, Anda harus mengingat bagian gambar mana yang disorot dan apa saja urutan gerakannya. Selain itu, titik awal dan titik akhir dari lingkaran atau garis yang Anda gambar juga harus diingat.

Meski demikian, picture password ini dianggap sebagai metode tambahan atau alternatif untuk login. Jika Anda salah memasukkan sandi gambar sampai lima kali,  perangkat akan terkunci sampai Anda melakukan login dengan memasukkan password seperti biasa.

Fitur password picture ini lebih diperuntukkan untuk perangkat berlayar sentuh. Namun, karena gerakan-gerakan picture password dapat dilakukan dengan mouse, fitur ini bisa menjadi cara alternatif untuk login di komputer atau PC  yang efektif bagi mereka yang sulit  mengingat password berupa karakter atau teks. 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca tentang


    Video Pilihan

    26th

    Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

    Syarat & Ketentuan
    Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
    Laporkan Komentar
    Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

    Terkini Lainnya

    komentar di artikel lainnya
    Close Ads
    Lengkapi Profil
    Lengkapi Profil

    Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.