10 Tips Menggunakan Twitter Dengan Baik dan Benar

Kompas.com - 21/12/2011, 17:43 WIB
EditorReza Wahyudi

Ilustrasi

KOMPAS.com - Twitter merupakan situs mikroblog yang berfungsi sebagai jejaring sosial. Twitter berguna untuk melakukan update berita, untuk mengetahui hal-hal terbaru dari sesuatu atau seseorang yang ingin kita ikuti sehari-hari.

Namun, di luar itu, Twitter bisa menjadi musuh bagi hidup kita. Contohnya, ada karyawan yang dipecat hanya karena tweet-nya di Twitter. Ada pula kasus phising yang merugikan, juga pemblokiran dari pemerintah.

Berikut ini adalah tips untuk menjaga akun Twitter, agar terhindar dari penyalahgunaan, virus, spam, phising, dan juga pemblokiran. 

1. Jangan bagikan Informasi pribadi

telegraph.co.uk Think Before You Tweet

Jangan pernah berbagi alamat e-mail Anda, alamat rumah atau kantor, nomor telepon, dan informasi lainnya yang mengungkapkan privasi Anda. Selain itu, jika Anda merasa tidak membutuhkannya, jangan aktifkan fitur geotagging pada Twitter Anda sehingga tweet-tweet Anda tidak akan disertai dengan lokasi dimana anda melakukan tweet.

2. Periksa Aplikasi yang digunakan

STYLELIST Hasrat untuk media sosial relatif lebih sulit untuk ditolak karena ketersediaannya yang tinggi.

Hindari aplikasi berbasis web yang meminta Anda memasukkan username dan password Twitter. Aplikasi yang baik akan menggunakan Twitter OAuth dan tidak akan meminta Anda memasukkan username dan password.

Selain itu, secara teratur tinjau aplikasi yang Anda gunakan di Twitter melalui halaman "Twitter Settings Application". Hapus semua aplikasi yang menurut Anda tidak akan lagi Anda gunakan.

3. Mengubah Password secara teratur

Bot (mesin) biasanya digunakan hacker untuk memperoleh akses ke akun Twitter Anda. Gunakan password yang sulit ditebak dan ubah password Anda secara reguler, misalnya setiap 4 atau 6 minggu.

4. Intip dulu Short URL sebelum di-klik


Link website pendek (short URL) sering digunakan untuk menyembunyikan alamat web yang tidak aman. Meng-klik dan mengunjungi website yang tidak aman menyebabkan bahaya malware, situs phising, dan lainnya.

Jika Anda menggunakan Tweetdeck, aktifkan pilihan "Show Preview Information for Short URL". Jika Anda menggunakan Firefox, maka gunakan add-on seperti Long URL Mobile Expander atau DeTiny URL Expander. Semua pilihan ini membantu Anda mengetahui isi link sebelum membuka halaman web dengan pratinjau.

5. Waspadai Direct Message (DM)


Anda mungkin mendapatkan link dari orang yang Anda kenal dan telah anda percaya, sehingga Anda membuka link tersebut. Padahal, link dari orang yang Anda kenal belum tentu aman.

Bisa jadi itu dikirimkan oleh hacker yang berhasil mengirimkan link spam ke dalam DM. Cara menjaga akun Anda adalah jangan buka link tersebut jika Anda belum yakin link tersebut aman.

Jangan lupa tanyakan kepada pengirim melalui mention agar Anda memastikan link tersebut memang dikirim oleh pemilik akun dan terjamin aman.

Halaman:


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X