Google Doodle Hadirkan Nuansa Natal

Kompas.com - 25/12/2011, 09:25 WIB
EditorInggried Dwi Wedhaswary

KOMPAS.com — Doodle, desain dekoratif Google, menghadirkan nuansa Natal pada Minggu (25/12/2011), bertepatan dengan perayaan Natal. Jika kita membuka halaman pertama Google.com hari ini akan muncul logo Google berwarna-warni dilengkapi enam tombol di bawah masing-masing huruf. Coba klik satu per satu, maka akan muncul sesuatu.

Jika kita klik tombol biru di bawah huruf "G", maka akan muncul ranting pohon Natal dari balik huruf G. Jika kita klik tombol merah di bawah huruf "O", maka akan muncul gambar Sinterklas. Sementara itu, jika kita klik tombol kuning di bawah huruf "O", akan muncul gambar lonceng. Ketika klik tombol biru di bawah huruf "G", akan muncul gambar manusia salju. Nah, jika Anda klik tombol hijau di bawah huruf "L", maka akan muncul gambar lilin. Jika klik tombol warna merah di bawah huruf "E", maka akan muncul gambar kado Natal.

Setelah semua tombol diklik, logo Google akan menghilang dan akan muncul satu tombol lagi yang berlogo musik. Jika di-klik, akan muncul lagu Natal, dan gambar-gambar di balik logo Google akan muncul kembali lalu bergoyang ke kanan dan ke kiri mengikuti irama lagu Natal yang syahdu.

Nathan Naze, teknisi perangkat lunak Google dalam situs resmi Google Doodle menyatakan, Google Doodle hari ini memang terinspirasi suasana Natal pada musim dingin. Ia menceritakan pengalamannya sendiri menghiasi pohon-pohon Natal. Saat Natal, biasanya siang hari lebih pendek dari malam hari. Oleh karena itu, malam terasa amat panjang dan gelap. Entah dari mana mulanya tradisi menghias pohon. Namun, aktivitas tersebut sangat menyenangkan bagi sebagian besar orang dan menginspirasi Google untuk menghias logonya pada hari ini.

Menggunakan JavaScript, Closure, dan HTML5 (atau Flash, tergantung browser), para teknisi yang biasa mengerjakan Doodle berusaha menghadirkan warna-warni suasana Natal, dekorasi yang gemerlap, tetapi syahdu dengan musik yang bisa diputar. Google menyampaikan "Happy Holiday", dan selamat bertemu pada tahun depan.    

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Baca tentang


    26th

    Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

    Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

    Syarat & Ketentuan
    Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
    Laporkan Komentar
    Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
    komentar di artikel lainnya
    Close Ads X
    Lengkapi Profil
    Lengkapi Profil

    Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.