Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Android Kalahkan iPhone di Eropa

Kompas.com - 26/12/2011, 08:19 WIB

KOMPAS.com - Pangsa pasar iPhone di negara kawasan Eropa menjelang akhir tahun ini cenderung anjlok. Sementara rivalnya, ponsel berbasis Android malah makin menguasai pasar.

Berdasarkan riset dari Kantar Worldpanel ComTech yang dilakukan selama 12 minggu hingga akhir November 2011 menyatakan pangsa pasar iPhone di Amerika Serikat memang naik menjadi 36 persen dari 25 persen di tahun lalu. Begitu juga untuk pangsa pasar di Inggris yang masih naik dari 21 persen menjadi 31 persen di akhir tahun ini.

Namun untuk negara di kawasan Eropa seperti Perancis, pangsa pasar iPhone malah anjlok dari 29 persen menjadi 20 persen. Hal yang sama juga dialami di Jerman yang mengalami penurunan pasar dari 27 persen menjadi 20 persen. Di Italia dan Spanyol juga terjadi hal yang sama.

Sedangkan penjualan perangkat Android yang terus meroket justru membuat pangsa pasarnya melambung. Di Jerman, Android menguasai 61 persen. Samsung Galaxy S II menjadi ponsel pintar terlaris di sana. Bahkan pangsa pasar Android tidak lebih rendah dari 46 persen di negara manapun di seluruh benua.

Penjualan iPhone di negara-negara Eropa cenderung menurun karena kondisi ekonomi di sana mengalami pelemahan. Nilai Produk Domestik Bruto zona Eropa hanya tumbuh 0,2 persen di kuartal III-2011. Angka tersebut diperkirakan tidak jauh berubah di akhir kuartal IV-2011 dan kuartal I-2012.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com