Samsung Galaxy S Tak Dapat Jatah Ice Cream Sandwich

Kompas.com - 28/12/2011, 08:36 WIB
EditorReza Wahyudi

KOMPAS.com - Pengguna Samsung Galaxy S pasti akan kecewa bila mengetahui kabar ini. Karena Samsung menyebutkan tidak akan menyediakan upgrade sistem operasi terbaru Android 4.0 (Ice Cream Sandwich) ke ponsel tersebut.

Pihak Samsung beralasan karena antarmuka yang digunakan Samsung, TouchWiz. Kapasitas RAM dan memori penyimpanan Galaxy S tidak memungkinkan untuk menjalankan Ice Cream Sandwich apalagi bila harus menggunakan TouchWiz juga.

Berarti dengan ini, pengguna Galaxy S paling "mentok" hanya bisa menikmati Android versi 2.3.6 alias Gingerbread.

Perlakuan Samsung yang berbeda pada setiap lini ponsel Androidnya memang akan membuat masalah. Apalagi ponsel Samsung Galaxy S tersebut sudah terjual 10 juta unit di seluruh dunia pada 2010. Padahal baru-baru ini Samsung malah mengumumkan sederetan ponselnya yang akan mendapat update OS terbaru besutan Google tersebut.

Perlakuan berbeda justru diberikan ke ponsel Samsung Galaxy Nexus, Galaxy S II dan Galaxy Note justru mendapat kesempatan pertama untuk upgrade ke Ice Cream Sandwich.

Jika Samsung benar-benar menerapkan perlakuan berbeda pada setiap ponselnya, ini berarti ada kelemahan pada antarmuka TouchWiz. Samsung hanya membuat antarmuka yang tidak bisa ditambahkan fungsionalitasnya. Di sisi lain, Samsung sendiri juga tidak akan melepaskan TouchWiz di Galaxy S.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email



25th

Ada hadiah uang elektronik senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X