Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Samsung Galaxy S Tak Dapat Jatah Ice Cream Sandwich

Kompas.com - 28/12/2011, 08:36 WIB

KOMPAS.com - Pengguna Samsung Galaxy S pasti akan kecewa bila mengetahui kabar ini. Karena Samsung menyebutkan tidak akan menyediakan upgrade sistem operasi terbaru Android 4.0 (Ice Cream Sandwich) ke ponsel tersebut.

Pihak Samsung beralasan karena antarmuka yang digunakan Samsung, TouchWiz. Kapasitas RAM dan memori penyimpanan Galaxy S tidak memungkinkan untuk menjalankan Ice Cream Sandwich apalagi bila harus menggunakan TouchWiz juga.

Berarti dengan ini, pengguna Galaxy S paling "mentok" hanya bisa menikmati Android versi 2.3.6 alias Gingerbread.

Perlakuan Samsung yang berbeda pada setiap lini ponsel Androidnya memang akan membuat masalah. Apalagi ponsel Samsung Galaxy S tersebut sudah terjual 10 juta unit di seluruh dunia pada 2010. Padahal baru-baru ini Samsung malah mengumumkan sederetan ponselnya yang akan mendapat update OS terbaru besutan Google tersebut.

Perlakuan berbeda justru diberikan ke ponsel Samsung Galaxy Nexus, Galaxy S II dan Galaxy Note justru mendapat kesempatan pertama untuk upgrade ke Ice Cream Sandwich.

Jika Samsung benar-benar menerapkan perlakuan berbeda pada setiap ponselnya, ini berarti ada kelemahan pada antarmuka TouchWiz. Samsung hanya membuat antarmuka yang tidak bisa ditambahkan fungsionalitasnya. Di sisi lain, Samsung sendiri juga tidak akan melepaskan TouchWiz di Galaxy S.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com