Lirik Bisnis Alat Medis, Fuji Film Siap Borong Saham Olympus

Kompas.com - 28/12/2011, 09:45 WIB
EditorReza Wahyudi

KOMPAS.com - Produsen film dan kamera, Fuji Film dikabarkan akan membeli saham Olympus Corp. Namun pembelian saham ini bukan untuk membeli divisi kamera Olympus, tetapi divisi bisnis alat medis endoskop (alat untuk memeriksa bagian tubuh atau alat untuk operasi kecil).

Rencana pembelian saham Olympus Corp ini merupakan langkah diversifikasi usaha bagi Fuji Film. Pasalnya pihak Olympus sedang mencari investor dengan nilai saham yang dijual sebesar 1,3 miliar dollar AS. Pihak Sony Corp dan Panasonic Corp dikabarkan juga bakal menjadi investor potensial bagi Olympus Corp atas bisnisnya tersebut.

"Ini adalah bisnis besar, itu sudah pasti," kata Head of Fujifilm's Medical Systems Unit Kouichi Tamai. Saat ini Olympus memiliki pangsa pasar 70 persen sebagai produsen endoskop. Sisanya dipegang oleh Fuji Film dan Hoya Corp.

Namun Tamai buru-buru menambahkan,"Sampai kita tahu apa yang akan terjadi pada Olympus sebagai sebuah perusahaan. Itu semua akan teoritis, jadi kami tidak tahu."

Keraguan Tamai itu disebabkan karena pihaknya belum yakin apakah rumah sakit akan beralih ke endoskop besutan Olympus sesuai dengan standar rumah sakit lainnya. Sehingga pihak Fuji Film masih mempertimbangkan terhadap tawaran Olympus tersebut.

Saat ini Olympus sedang mengalami masalah berupa kerugian investasi hingga rencana ancaman delisting (dikeluarkan dari bursa) jika terlambat mengirim laporan rugi laba. Namun beruntung,bursa Tokyo masih memungkinkan untuk menghapus rencana delisting tersebut jika laporan keuangannya dibuat secara asli. Pasalnya, Olympus juga diduga melakukan pemalsuan laporan keuangan.

Tamai juga menjelaskan pihaknya juga sedang merencanakan beberapa target akuisisi terutama di bidang kesehatan. Untuk tahun fiskal 2013-2014, pihaknya menargetkan penjualan sebesar 370 miliar dollar AS, naik 38 persen dibandingkan laporan fiskal yang berakhir Maret 2010.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

 



25th

Ada hadiah uang elektronik senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X