LG Berhasil Bangun Televisi OLED Layar Besar

Kompas.com - 28/12/2011, 13:29 WIB
EditorReza Wahyudi

KOMPAS.com - LG mengumumkan bahwa perusahaan telah mengembangkan televisi dengan layar OLED (Organic Light Emitting Diodes) terbesar di dunia, yakni 55 inci.

Produk ini akan dipamerkan kepada publik pada Consumer Electronics Show (CES) di Las Vegas, yang digelar sejak 10 hingga 13 Januari 2012.

"Teknologi OLED dipandang sebagai masa depan layar televisi, yang teknologinya terbatas pada display yang lebih kecil dan biaya perawatan yang lebih tinggi. LG Display 55 inci OLED TV Panel mampu mengatasi permasalahan tersebut," ujar Dr. Sang Beom Han, CEO and Executive Vice President LG Display.

OLED, media yang mengontrol piksel, adalah kebangkitan panel LCD yang menggunakan kristal cair. Teknologi ini memungkinan dioda memancarkan cahaya sendiri dan memiliki kemampuan reaksi terhadap sinyal listrik lebih dari 1000 kali lebih cepat dari display yang menggunakan kristal cair.

Pemerhati lingkungan tentu akan mendukung teknologi yang dikembangkan LG Display 55 inci, karena panel OLED hanya menggunakan konsumsi daya yang sangat rendah, apalagi bila dibandingkan panel LCD konvensional.

Ditambah lagi, LG menggunakan White OLED (WOLED). WOLED merupakan akumulasi dari dioda merah, hijau, dan biru. Dengan memancarkan cahaya warna putih dari dioda, tampilan layar akan menampilkan lapisan warna di bawah panel TFT dasar, yang mengarah ke tingkat kesalahan yang lebih rendah, produktivitas tinggi, dan layar yang lebih jelas.

Rendahnya konsumsi listrik di saat digunakan sebagai mesin web browsing untuk televisi pintar adalah kunci kekuatan lain dari WOLED.

 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.