Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sudah Ada 50 Ribu Apps di Toko Aplikasi Microsoft

Kompas.com - 28/12/2011, 14:34 WIB

KOMPAS.com - Microsoft meluncurkan Windows Phone 7 di Eropa menjelang akhir Oktober tahun 2010.  Kemudian diluncurkan di Amerika Utara pada minggu kedua November 2010. Platform Windows Phone merupakan redesain dari  platform Windows Mobile dan memiliki hubungan dengan sejumlah perangkat lunak termasuk Microsoft Office dan XBox Live.

Satu tahun dua bulan sejak peluncurannya, perangkat Microsoft Windows Phone sekarang telah memiliki 50 ribu aplikasi. Data ini dikutip CNet dari blog "All About Windows Phone".  Lebih dari sepertiga jumlah aplikasi ditambahkan dalam tiga bulan terakhir dan hampir 16 persen ditambahkan dalam 30 hari terakhir.

Aplikasi di Windows Store memang sempat mencapai angka 50.126 apps, tetapi sekitar 6000 aplikasi yang telah dihapus dari toko aplikasi tersebut dari waktu ke waktu, sehingga jumlah total di AS adalah 42.655 aplikasi. Microsoft sendiri hanya menargetkan 40 ribu aplikasi dan sudah tercapai bulan lalu. Tanggal 12 Desember 2011, jumlah aplikasi sudah mencapai 45 ribu.

Dari data tersebut, sebanyak 58 persen dari total jumlah aplikasi merupakan aplikasi gratis. Sebanyak 14 persen lainnya adalah aplikasi yang berbayar disertai dengan masa trial. Hanya 29 persen yang merupakan aplikasi berbayar penuh. Berdasarkan kategori konten, jumlah aplikasi terbanyak adalah untuk kategori game, buku dan referensi, serta tools dan produktivitas.

Namun, volume aplikasi di toko aplikasi Microsoft ini masih tetap jauh dari pesaingnya. App Store milik Apple, misalnya, telah memiliki 500 ribu aplikasi pada Mei 2011. Sebanyak 150 ribu aplikasi diterbitkan hanya dalam waktu 4 bulan.

Begitu pula dengan Google. Berdasarkan data analitik dari perusahaan Distimo, di Android Market memiliki 360.297 aplikasi untuk digunakan pengguna ponsel Android di bulan Oktober 2011.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com