Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kuwait Ingin Tertibkan Akun Anonim di Twitter

Kompas.com - 28/12/2011, 18:12 WIB

KOMPAS.com — Pemerintah Kuwait melalui Departemen Dalam Negeri sedang dalam proses menegakkan aturan agar pengguna jejaring sosial Twitter menggunakan nama asli dan dilarang menggunakan akun anonim.

Menurut Kantor Berita Kuwait, dalam sebuah pernyataan pers yang dibuat pada Selasa (27/12/2011), Pemerintah Kuwait mengumumkan niat untuk menutup akun anonim di Twitter.

Namun, belum ada penjelasan tentang tindakan nyata yang akan dilakukan Pemerintah Kuwait. Padahal bisa saja Pemerintah Kuwait meminta pihak Twitter untuk menutup akun anonim yang berasal dari Kuwait.

Populernya penggunaan Twitter dan Facebook di Timur Tengah membuat semua orang dapat menulis berbagai komentar, penyataan, atau informasi dengan bebas, tak terkecuali di Kuwait.

Langkah pelarangan terhadap akun anonim ini diambil Pemerintah Kuwait dengan alasan melindungi hak warga negara dan menghentikan fitnah yang kerap disebarkan akun anonim melalui Twitter.

Warga Kuwait bernama Nasser Abul ditangkap pada bulan Juni lalu karena mengkritik keluarga Kerajaan Arab Saudi  dan Bahrain melalui Twitter. Abul dibebaskan tiga bulan kemudian.

Sementara Lawrence al-Rashidi ditangkap karena komentarnya tentang keluarga Kerajaan Kuwait. Belum ada kabar lanjutan mengenai persidangan Al-Rashidi.

Topik kebebasan berekspresi memang sedang jadi masalah serius di Kuwait. Bukan hanya Abul dan Al-Rashidi, saat ini ada seorang bloger di Kuwait yang digugat karena membuat tulisan review yang dianggap merugikan sebuah restoran.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com