Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Evaluasi Malware 2011, Tren 2012

Virus Android dan Tren Program Jahat 2012

Kompas.com - 01/01/2012, 08:13 WIB

Oleh: Adang Jauhar Taufik

JAKARTA, KOMPAS.com - Penyebaran virus di tahun 2011, sudah mengalami banyak perubahan dibandingkan dengan tahun-tahun sebelumnya. Vaksincom menyajikan analisanya dalam laporan Evaluasi Malware 2011, Tren Malware 2012.

Dalam tulisan terakhir ini, diungkap mengenai makin maraknya virus yang mengincar platform Android selama 2011. Selain itu, diungkap juga tren malware yang akan datang di 2012.

Simak juga artikel sebelumnya:  


Virus Android

Pertumbuhan Android dan semakin banyaknya pengguna OS Android ditahun 2011 semakin “mengukuhkan” para penjahat kriminal untuk membuat virus dan  menjadi “ladang” baru setelah sistem operasi Microsoft yang di awali dengan kemunculan trojan Android.plankton yang memanfaatkan popularitas game Angry Bird, hal ini  membuktikan Android saat ini bukanlan OS yang aman lagi.

Secara logis memang hal ini tinggal menunggu waktu, karena pembuat malware akan berusaha untuk menyerang OS yang paling populer. Saat ini malware terbanyak masih menyerang OS Windows, tetapi melihat kepopuleran Android, pembuat malware kelihatannya tergoda untuk menyerang OS ini.

Bersamaan dengan peluncuran versi Angry Birds yang terbaru dengan nama Angry Birds Rio, di mana seperti biasanya game yang didapatkan secara gratis pada Android Market (baik di ponsel maupun tablet Android) ini hanya memberikan jumlah (level) game yang terbatas karena level yang lain masih terkunci.

Di sinilah pembuat malware melihat celah dan beraksi dengan membuatkan aplikasi dengan nama “Angry Birds Rio Unlock” yang menjanjikan akan membuka seluruh level yang tersembunyi pada game Angry Birds Rio.
   
Banyak hal yang dapat dilakukan oleh virus android salah satunya adalah akan mengirim SMS ke nomor premium yang akan menguras pulsa ponsel Anda, Mengunduh aplikasi lain tanpa sepengetahuan pemilik perangkat serta mengirmkan data deviceID, versi SDK (Software Development Kit) dan informasi mengenai hak akses dari file ke server yang telah disediakan pembuat trojan.


Bagaimana dengan virus Lokal?

Halaman:
Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com