Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
kekuatan Militer

Jepang Kembangkan Persenjataan Cyber

Kompas.com - 01/01/2012, 22:15 WIB
Dahono Fitrianto

Penulis

TOKYO, KOMPAS.com- Jepang dilaporkan sedang mengembangkan sebuah virus komputer yang mampu melacak sumber sebuah serangan cyber kemudian menetralisir program komputer penyerang tersebut. Demikian disiarkan harian Yomiuri Shimbun, Minggu (1/1/2012).

Virus penangkal serangan di dunia maya tersebut merupakan puncak proyek tiga tahun senilai 179 juta yen (Rp 21,05 miliar) yang diberikan pemerintah Jepang kepada raksasa industri teknologi Fujitsu Ltd. Perusahaan tersebut secara spesifik ditugaskan untuk membuat sebuah virus penangkal serangan dan peralatan untuk memantau dan menganalisis serangan cyber.

AS dan China dikabarkan sudah mengoperasikan "persenjataan cyber" tersebut untuk menangkal berbagai serangan di negara masing-masing. Namun, Jepang harus mengamandemen peraturan perundang-undangannya sebelum mengoperasikan senjata ini, karena membuat virus saat ini dilarang di negara tersebut.

Jepang tahun lalu diserang oleh serangkaian serangan cyber, termasuk serangan terhadap sistem komputer parlemen Jepang pada Oktober, dan sistem komputer 200 pemerintah daerah di Jepang pada November.

Sistem komputer di kantor-kantor kedutaan besar dan konsulat Jepang di sembilan negara juga terinfeksi sejenis virus pertengahan tahun 2011 lalu.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com