Internet Explorer Perlahan Mulai Ditinggalkan Pengguna

Kompas.com - 02/01/2012, 17:01 WIB
EditorReza Wahyudi

KOMPAS.com - Hadirnya beberapa pilihan browser, seperti Firefox, Opera, hingga Chrome berdampak langsung berkurangnya jumlah pengguna browser Internet Explorer (IE). Berdasarkan hasil penelitian Net Applications terhadap 160 juta unique visitor yang mengakses 40 ribu alamat website menunjukkan pengguna browser milik Microsoft ini terus berkurang sepanjang tahun 2011.

Pengguna IE pada Februari 2011 mencapai 59,22 persen, namun pada Maret turun menjadi 58,35 persen. Bulan April dan Mei, pegguna IE masih berada di kisaran 57 persen. Angka ini terus turun hingga Desember 2011, pengguna IE tercatat 51,87 persen.

Browser baru, Google Chrome. juga mengalami perubahan jumlah pengguna sepanjang tahun 2011. Presentease pengguna Chrome meningkat signifikan. Pada Februari 2011, jumlah pengguna mencapai 11,41 persen, dan terus naik perlahan setiap bulan, sehingga pada Desember 2011 pengguna mencapai 19,11 persen.  

Hal ini berbeda dengan browser Mozilla Firefox yang memiliki kestabilan jumlah pengguna. Sepanjang tahun 2011, pengguna Mozilla Firefox bertahan di angka rata-rata 22 persen. Angka ini turun di bulan Desember 2011 namun tidak terlalu signifikan, yakni  menjadi 21,83 persen. Sedangkan pengguna Safari, Opera, dan browser lainnya berada di kisaran 4 persen, 2 persen, hingga kurang dari satu persen sepanjang tahun 2011.

Keputusan Microsoft untuk melakukan upgrade "diam-diam" IE9 mampu menekan angka pengguna IE6 dan IE7, sehingga pengguna beralih ke IE8 dan IE9, namun masih belum sanggup mengangkat jumlah pengguna IE secara keseluruhan.  Ditambah lagi, dibandingkan dengan IE8, ternyata IE9 masih kalah pamor karena IE8 masih jadi browser yang paling banyak digunakan.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email



26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.