Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ditinggal Tiga Petingginya, Legenda Industri Fotografi Itu "Kritis"

Kompas.com - 02/01/2012, 18:31 WIB

KOMPAS.com — Eastman Kodak Co, perusahaan yang bergerak di bidang film dan fotografi, pada awal pekan lalu mengumumkan bahwa mereka kehilangan dua direksi, Adam Clammer dan Herald Chen. Akhir pekan lalu, tepatnya hari Jumat (30/12/2011), giliran Laura D Tyson yang mengundurkan diri dari Kodak.

Di Kodak, Laura adalah salah satu anggota dewan direksi. Di luar Kodak, Laura juga aktif sebagai salah seorang penasihat di Gedung Putih, Amerika Serikat. Ia salah seorang anggota Dewan Penasihat Pemulihan Ekonomi Presiden Barack Obama. Karena itu, Kodak disebut-sebut telah kehilangan orang yang sebenarnya kompeten untuk mengembalikan kondisi perusahaan yang makin terpuruk.

Sementara Clammer dan Chen bergabung ke Kodak pada 2009. Keduanya adalah perwakilan dari perusahaan ekuitas swasta KKR & Co, yang ketika itu membeli sebagian besar saham Kodak. Perginya Clammer dan Chen seakan menegaskan ketidakpercayaan investor kepada Kodak.

Kodak yang dahulu mendominasi bisnis perfilman dan fotografi saat ini sedang mengalami krisis. Kodak tidak mampu merespons secara cepat perkembangan teknologi fotografi dan videografi digital.

Kodak sebenarnya mendapatkan banyak uang dari hasil royalti lisensi. Pada awal 2010, Kodak memiliki kekayaan tunai 1,6 miliar dollar AS, tetapi angka itu merosot tajam menjadi 957 juta dollar AS pada akhir Juni 2011. Ketidakpercayaan para investor kepada Kodak menambah frustrasi Kodak yang diindikasikan tengah menuju kebangkrutan.

Kodak akan bertahan jika mereka kembali menjual hak paten digital-imaging yang masih mereka miliki, untuk menopang kas yang terus menyusut. Pilihan lainnya adalah berutang sebesar 500 juta dollar AS atau sekitar Rp 4,5 triliun agar Kodak bisa bertahan pada 2012.

Tahun ini, Kodak akan berusia 132 tahun. Para penggemar Kodak pun, terutama praktisi perfilman, pasti menginginkan perusahaan legendaris ini dapat bertahan hidup.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com