Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Nintendo Bikin Toko Aplikasi Khusus Wii U

Kompas.com - 03/01/2012, 07:25 WIB

KOMPAS.com - Nintendo berencana membangun sebuah toko aplikasi online (app store) sebagai tempat penjualan aplikasi-aplikasi untuk konsol game terbarunya, Wii U.

Berdasarkan laporan The Daily, toko aplikasi untuk Wii U ini jauh lebih lengkap dari toko aplikasi untuk konsol sebelumnya, DSi dan Wii.

Nintendo menyatakan, bila toko aplikasi DSi Shop dan Wii Shop hanya menyediakan game dan program ringan, app store untuk Wii U selain menjual game-game khusus Wii U juga akan diisi program yang berguna untuk memaksimalkan kemampuan kontroler tersebut. Fungsi kontroler ini dapat berkembang untuk mendukung kebutuhan sehari-hari, seperti menonton TV dan mengecek e-mail.

Bentuk fisik Wii U yang merupakan penerus dari Nintendo Wii versi sebelumnya ini akan bergaya seperti perangkat tablet, dengan layar 6,2 inci dan dibekali tombol-tombol di sebelah kanan dan kiri layar. Wii U rencananya akan diluncurkan pada semester kedua 2012.

Belum ada kepastian mengenai sistem pembayaran pada app store khusus Wii U. Apakah akan menggunakan uang atau menerapkan sistem poin seperti yang digunakan WiiWare dan DSiWare.

Selain itu, juga tidak disebutkan apakah Nintendo akan mengizinkan pengembang pihak ketiga untuk membuat aplikasi lalu menjualnya di app store ini, seperti sistem kerjasama di toko aplikasi milik Apple, Google, dan Microsoft.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com