Nintendo Bikin Toko Aplikasi Khusus Wii U

Kompas.com - 03/01/2012, 07:25 WIB
EditorReza Wahyudi

KOMPAS.com - Nintendo berencana membangun sebuah toko aplikasi online (app store) sebagai tempat penjualan aplikasi-aplikasi untuk konsol game terbarunya, Wii U.

Berdasarkan laporan The Daily, toko aplikasi untuk Wii U ini jauh lebih lengkap dari toko aplikasi untuk konsol sebelumnya, DSi dan Wii.

Nintendo menyatakan, bila toko aplikasi DSi Shop dan Wii Shop hanya menyediakan game dan program ringan, app store untuk Wii U selain menjual game-game khusus Wii U juga akan diisi program yang berguna untuk memaksimalkan kemampuan kontroler tersebut. Fungsi kontroler ini dapat berkembang untuk mendukung kebutuhan sehari-hari, seperti menonton TV dan mengecek e-mail.

Bentuk fisik Wii U yang merupakan penerus dari Nintendo Wii versi sebelumnya ini akan bergaya seperti perangkat tablet, dengan layar 6,2 inci dan dibekali tombol-tombol di sebelah kanan dan kiri layar. Wii U rencananya akan diluncurkan pada semester kedua 2012.

Belum ada kepastian mengenai sistem pembayaran pada app store khusus Wii U. Apakah akan menggunakan uang atau menerapkan sistem poin seperti yang digunakan WiiWare dan DSiWare.

Selain itu, juga tidak disebutkan apakah Nintendo akan mengizinkan pengembang pihak ketiga untuk membuat aplikasi lalu menjualnya di app store ini, seperti sistem kerjasama di toko aplikasi milik Apple, Google, dan Microsoft.

 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.