Kompas.com - 04/01/2012, 08:07 WIB
EditorReza Wahyudi

KOMPAS.com - Intel akan menggunakan chip jenis "Trail Clover" di perangkat tablet bersistem operasi Windows 8. Prototipe Trail Clover akan dipamerkan Intel pada acara Consumer Electronics Show (CES) yang digelar di Las Vegas, 9 - 13 Januari 2012.

Menurut sebuah sumber yang punya hubungan dekat dengan Intel, seperti dikutip dari CNet, Clover Trail merupakan kelanjutan dari chip Medfield yang menggunakan single core dan akan dipasarkan pada Maret 2012. Sedangkan Clover Trail, proses komputasinya akan didukung prosesor dual core, demi menarik minat para vendor untuk menggunakan chip dari Intel ini. Rencananya, Trail Clover akan dipasarkan pada pertengahan 2012.

Situs teknologi Taiwan, DigiTimes, hari ini melaporkan bahwa Acer dan Lenovo menyatakan minatnya menggunakan Trail Clover untuk tablet Windows 8 mereka. Keduanya akan menggunakan Trail Clover pada kuartal tiga tahun ini.

Langkah ini dilakukan Intel untuk menghadang dominasi chip ARM yang banyak digunakan pada perangkat smartphone dan tablet. Namun, ada kemungkinan para vendor perangkat mobile masih nyaman menggunakan chip ARM, terlebih untuk tablet berbasis Android. DigiTimes pun menilai, chip Medfield belum bisa menandingi chip ARM dalam hal kinerja dan penghematan energi.

ARM merupakan arsitektur prosesor 32-bit RISC yang dikembangkan oleh Advanced RISC Machine Limited (ARM Limited).

Selain Medfield dan Trail Clover, Intel juga sedang menyiapkan chip Silvermont yang rencananya akan mulai dipasarkan tahun 2013. Ketiganya merupakan chip jenis Atom yang didesain ulang.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca tentang


    Video Pilihan

    26th

    Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

    Syarat & Ketentuan
    Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
    Laporkan Komentar
    Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
    komentar di artikel lainnya
    Close Ads
    Lengkapi Profil
    Lengkapi Profil

    Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.