Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Intel Bangun "Clover Trail" Untuk Tablet Windows 8

Kompas.com - 04/01/2012, 08:07 WIB

KOMPAS.com - Intel akan menggunakan chip jenis "Trail Clover" di perangkat tablet bersistem operasi Windows 8. Prototipe Trail Clover akan dipamerkan Intel pada acara Consumer Electronics Show (CES) yang digelar di Las Vegas, 9 - 13 Januari 2012.

Menurut sebuah sumber yang punya hubungan dekat dengan Intel, seperti dikutip dari CNet, Clover Trail merupakan kelanjutan dari chip Medfield yang menggunakan single core dan akan dipasarkan pada Maret 2012. Sedangkan Clover Trail, proses komputasinya akan didukung prosesor dual core, demi menarik minat para vendor untuk menggunakan chip dari Intel ini. Rencananya, Trail Clover akan dipasarkan pada pertengahan 2012.

Situs teknologi Taiwan, DigiTimes, hari ini melaporkan bahwa Acer dan Lenovo menyatakan minatnya menggunakan Trail Clover untuk tablet Windows 8 mereka. Keduanya akan menggunakan Trail Clover pada kuartal tiga tahun ini.

Langkah ini dilakukan Intel untuk menghadang dominasi chip ARM yang banyak digunakan pada perangkat smartphone dan tablet. Namun, ada kemungkinan para vendor perangkat mobile masih nyaman menggunakan chip ARM, terlebih untuk tablet berbasis Android. DigiTimes pun menilai, chip Medfield belum bisa menandingi chip ARM dalam hal kinerja dan penghematan energi.

ARM merupakan arsitektur prosesor 32-bit RISC yang dikembangkan oleh Advanced RISC Machine Limited (ARM Limited).

Selain Medfield dan Trail Clover, Intel juga sedang menyiapkan chip Silvermont yang rencananya akan mulai dipasarkan tahun 2013. Ketiganya merupakan chip jenis Atom yang didesain ulang.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com