Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Fotografer Senior "Mat Kodak" Berpulang

Kompas.com - 04/01/2012, 14:04 WIB
Sabrina Asril

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com — Fotografer senior, Ed Zoelverdi, atau yang lebih dikenal dengan panggilan Mat Kodak, berpulang ke pangkuan Ilahi pada Rabu (4/1/2012) dini hari sekitar pukul 02.00. Sebelum meninggal dunia, mantan editor foto majalah Tempo dan Gatra itu sempat dirawat di Rumah Sakit Persahabatan, Rawamangun, Jakarta Timur.

Namun, saat mengembuskan napas terakhirnya, Bang Ed, demikian pula dia kerab disapa, berada tepat di pangkuan sang istri di rumahnya di Jalan Mirah Delima 2 Nomor 5, Sumur Batu, Jakarta Pusat.

Saat ini, jenazah almarhum masih berada di rumah duka. Selanjutnya, jenazah akan dimakamkan di Tempat Pemakaman Umum (TPU) Kemiri, Rawamangun, seusai shalat dzuhur.

Ed Zoelverdi merupakan juru foto kelahiran Aceh, 12 Maret 1943. Dia sempat menjadi staf editor majalah berita mingguan Tempo periode 1971-1994, dan majalah Gatra periode 1995-2000. Semasa hidupnya, selain aktif di kegiatan jurnalistik, Bang Ed juga aktif dalam dunia pendidikan. Ia menjadi pengajar mata kuliah Dasar-dasar Fotografi, Jurnalisme Foto, dan Menulis Artikel Opini di Departemen Ilmu Komunikasi Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia.

Di kalangan anak didiknya, Bang Ed dikenal sebagai sosok yang tak pelit ilmu. Di balik penampilan misteriusnya yang selalu mengenakan safari warna hitam, Bang Ed ternyata sosok yang banyak cerita, tak jarang humor cerdas meluncur dari mulutnya. Almarhum juga merupakan seorang perokok berat. Terakhir, almarhum pernah mengalami gangguan pada paru-parunya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com