Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Android Market Tembus 400 Ribu Apps

Kompas.com - 05/01/2012, 11:22 WIB

KOMPAS.com - Jumlah aplikasi Android di Android Market memang masih kalah dibandingkan jumlah aplikasi di Apple App Store. Namun celah antara keduanya makin menyempit.

Berdasarkan laporan perusahaan analisis aplikasi Distimo, yang dikutip VentureBeat, jumlah aplikasi di Android Market telah mencapai 400.000 aplikasi.

Sedangkan di periode yang sama, jumlah aplikasi di Apple App Store, menurut data dari 148Apps.biz, mencapai 540.000 aplikasi.

Distimo mencatat, laju pertumbuhan aplikasi di Android Market masih sedikit lebih lambat dari Apple App Store. Untuk mencapai angka 400.000 Android Market butuh waktu dua bulan lebih lama.

Saat ini, dua per tiga dari jumlah aplikasi di Android Market merupakan aplikasi gratisan. Jumlah aplikasi gratisan dan "freemium" disebut Distimo sebagai faktor pertumbuhan

Hingga saat ini, jumlah pengembang aplikasi Android sudah mencapai 100.000 pengembang. Artinya, kalau dipukul rata, masing-masing pengembang rata-rata mengeluarkan 4 aplikasi.

Di sisi lain, Windows Phone telah mencapai 50.000 aplikasi hingga akhir 2011. Platform yang relatif jauh lebih muda ini memang belum punya banyak waktu untuk tumbuh.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com