Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Aplikasi Mirip Foursquare Ini Punya "Badges" Cinta Indonesia

Kompas.com - 06/01/2012, 10:24 WIB

KOMPAS.com - Aplikasi sosial check-in berbasis lokasi, Clingle yang baru diluncurkan Oktober 2011 lalu, kini telah diunduh sebanyak 200 ribu kali.

Clingle adalah aplikasi jejaring sosial check-in berbasis lokasi yang mirip dengan Foursquare ataupun Gowalla. Karena Clingle termasuk jejaring sosial,  Anda harus melakukan add friend agar teman-teman dapat mengetahui keberadaan Anda, bisa melalui Facebook, Twitter. Status di Clingle pun bisa dihubungkan ke dua jejaring sosial tersebut.

Di Clingle, pengguna dapat melakukan "Cling" untuk berbagi tips, pesan, gambar, klip video dan audio ke teman ketika Anda melakukan check-in lokasi. Nah, berbagi klip video dan audio inilah yang tidak tersedia di Foursquare.

Seperti halnya Foursquare, Clingle juga memberikan kategori pangkat atau badges. Ada sekitar 38 badges yang ditawarkan. Uniknya, ada badges Cinta Indonesia bagi pengguna yang check-in di venue yang terletak di Indonesia.

Jika di Foursquare ada badges Mayor, atau pangkat kepada seseorang yang check-in di satu lokasi dengan intentitas tinggi, di Clingle ada badges VIP bagi pengguna yang melakukan check-in lokasi yang sama dalam waktu 3 hari.

Salah satu fitur yang menarik dari Clingle adalah "Gift Cling" yang memungkinkan pengguna menukarkan kupon virtual dengan barang atau diskon yang ada di merchan tertentu. Sayangnya, "Gift Cling" ini belum tersedia di Indonesia.

Ketika pertama kali diluncurkan, Clingle hanya tersedia untuk perangkat berbasis iOS, yakni iPhone dan iPad, dan hanya tersedia di India, Singapura dan New York City.

Pengembang mulai memperluas layanan saat meluncurkan Clingle di Amerika Serikat dan Inggris pada bulan November 2011. Dan sekarang, Clingle sudah tersedia untuk platform Android, BlackBerry, dan Symbian.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com