Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Thunderbolt Akan Hadir di iPad 3?

Kompas.com - 07/01/2012, 12:36 WIB

KOMPAS.com - Apple dikabarkan bakal menyertakan port Thunderbolt di iPad 3, iPhone 5 atau iPad dan iPhone generasi selanjutnya. Dengan adanya port tersebut, transfer data antar perangkat Apple jadi lebih cepat.

Menurut VentureBeat, dugaan adanya port (colokan) Thunderbolt tersebut ke produk Apple muncul dari pengajuan paten Apple. Tepatnya, dari kalimat berikut ini: "a connection may be provided between a portable media player and a display, a computer and a portable media player, or between other types of devices."

Thunderbolt adalah teknologi yang dikembangkan Intel dengan nama kode Light Peak. Apple pertama kali menggunakan Thunderbolt pada lini Macintosh (Mac) pada 2011.

Teknologi ini memungkinkan transfer data yang lebih cepat dibandingkan Firewire atau USB 2.0 yang saat ini lebih banyak digunakan. Thunderbolt juga disebut bisa meningkatkan kemampuan pengisian baterai, jika diterapkan pada gadget seperti iPhone atau iPad.

Secara teknologi, Thunderbolt dikatakan merupakan perpaduan antara PCI Express dengan Display Port. Pada 2011 Apple banyak mengajukan paten terkait Thunderbolt, yang menimbulkan dugaan bahwa Apple punya peran besar dalam pengembangannya bersama Intel.

Di 2012, teknologi ini mulai hadir di perangkat komputer non-Apple (PC). Beberapa vendor komponen PC sudah menyatakan minatnya untuk mengadopsi teknologi tersebut.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com